Jumat, 07/06/2019

Cuti Lebaran Segera Usai, Ini Dia Tips Arus Balik

Jumat, 07/06/2019

Kemacetan saat arus balik. (Ilustrasi/KoranKaltim.Com)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Cuti Lebaran Segera Usai, Ini Dia Tips Arus Balik

Jumat, 07/06/2019

logo

Kemacetan saat arus balik. (Ilustrasi/KoranKaltim.Com)

KORANKALTIM.COM - Masa cuti bersama Idulfitri 1440 H tinggal beberapa hari lagi. Warga yang mudik ke kampung halaman atau berlibur ke daerah lain tentunya harus kembali karena akan dihadapkan aktivitas harian mulai dari bekerja atau pun menempuh pendidikan.

Puncak arus balik lebaran diprediksi terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019 dan tingkat kepadatan kendaraan akan lebih tinggi sehingga kemungkinan macet bisa saja terjadi meski pada arus mudik kemarin tampak lancar.

Sehingga penting bagi setiap pemudik terutama yang membawa kendaraan pribadi untuk mempersiapkan diri sebelum memulai perjalanan, mulai dari kesehatan fisik maupun kendaraan.

Berikut ini adalah tips menempuh perjalanan arus balik lebaran yang dapat dicoba :

Tentukan Tanggal Arus Balik

Menentukan tanggal arus balik yang tepat sangatlah penting. Pemudik dapat memantau berita yang ada di televisi, online, radio, dan lain-lain terkait arus balik untuk mengetahui perkiraan lonjakan pemudik yang akan kembali dari kampung halaman.

Persiapkan Fisik dan Mental

Persiapan fisik dan mental juga sangat penting untuk diperhatikan karena berpengaruh besar terhadap kondisi psikis pengemudi.

Dengan kondisi yang lebih prima, risiko perubahan emosi karena macet atau kelelahan akan lebih mudah untuk dihindari. Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk istirahat yang cukup sebelum memulai arus balik.

Periksa Kendaraan

Periksa kendaraan tak kalah penting. Bahkan sangat vital. Mulai dari rem, oli, AC, sampai dengan ban. Sebagai bagian dari kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan, penting bagi pengemudi memastikan ban dalam kondisi yang baik.

Cek kondisi telapak, kompon, dan tekanan angin ban dalam kondisi layak jalan. Segera ganti ban ketika mendekati tidak layak agar perjalanan tidak terganggu dan memperkecil risiko kecelakaan lalu lintas.

Memasang GPS

Penggunaan GPS atau Global Positioning System sangat membantu pengemudi. Salah satu manfaat GPS dalam penentuan arah, dapat menjadi salah satu cara pengemudi untuk mencari jalan alternatif di tengah kemacetan saat arus balik terjadi.

Bawa Barang Secukupnya

Saat kembali dari kampung halaman, biasanya pemudik akan membawa barang lebih banyak dari saat berangkat untuk mudik. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak memaksakan membawa barang terlalu banyak pada kendaraan karena hal ini akan berpengaruh pada kinerja kendaraan yang digunakan.

Kendaraan yang membawa beban yang lebih berat akan bekerja dua kali lebih keras dan tentunya hal ini akan berpengaruh pada konsumsi BBM yang pengemudi gunakan.

Jangan Lupa Beristirahat

Penting bagi pengemudi untuk tidak memaksakan tubuh yang lelah untuk tetap mengemudi. Istirahat penting untuk dilakukan terlebih saat menghadapi perjalanan jarak jauh. Lakukan istirahat minimal 2 jam sekali atau bergantian mengemudi, agar tubuh tetap fit.

Pastikan juga membawa makanan dan minuman yang cukup untuk menghilangkan rasa lapar selama mengemudi.

Waspada Risiko Kejahatan

Selalu waspada dan sigap saat mengemudi di jalan, karena kejahatan dapat terjadi setiap saat. Saat akan beristirahat, pastikan lokasi yang dipilih aman.

Jangan lupa juga, disiplin lalu lintas sangat penting untuk mengurangi kecelakaan yang terjadi. Hargailah sesama pengguna jalan agar tercipta mengemudi yang aman dan nyaman. (*)

Cuti Lebaran Segera Usai, Ini Dia Tips Arus Balik

Jumat, 07/06/2019

Kemacetan saat arus balik. (Ilustrasi/KoranKaltim.Com)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.