Minggu, 11/08/2019

Makan Sate Kambing Takut Kolesterol? Ini Caranya

Minggu, 11/08/2019

Ilustrasi net

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Makan Sate Kambing Takut Kolesterol? Ini Caranya

Minggu, 11/08/2019

logo

Ilustrasi net

KORAN KALTIM.COM - Sate menjadi pilihan banyak orang untuk mengolah daging kurban. Agar semakin nikmat, biasanya sate dikonsumsi bersama kecap, irisan cabai, bawang merah dan tomat atau menggunakan sambal kacang. Selain itu, sate juga umumnya disantap bersama lontong.

Cara membuatnya yang mudah serta rasanya yang nikmat, terkadang membuat banyak orang tergiur hingga mengkonsumsi sate dalam jumlah yang banyak. Tentunya, kebiasaan ini bisa menyebabkan berbagai keluhan kesehatan. Mulai dari darah tinggi hingga kolesterol yang meningkat.

Ketua PERGIZI Pangan, Prof Dr Hardinsyah, MS pun memberikan tips agar tetap sehat setelah mengkonsumsi sate di Hari Raya Idul Adha. Salah satunya adalah memilih bagian daging baik daging kambing atau sapi yang tanpa lemak. Misalnya bagian paha. Lemak yang tekandung pada daging tanpa disadari bisa memicu kolesterol. "Bikin sate itu biasanya daging diseling lemak. Sebaiknya dagingnya saja," kata Prof Hardinsyah seperti dikutip dari sindonews.com.

Selain bagian daging, Prof Hardinsyah juga menyarankan untuk memperhatian ukuran saji dari setiap tusuk sate. Idealnya, satu tusuk sate tidak melebihi batas anjuran konsumsi daging merah harian. Prof Hardin mengatakan batasan konsumsi daging merah per hari adalah 100 gram. "Idul Adha kan dagingnya dipotong gede-gede, dipotong dadu ya. Itu satu tusuknya bisa sampai 50 gram," kata Hardin. 

Pastikan juga imbangi konsumsi sate dengan banyak menyantap serat dan banyak minum air putih yang mampu menjaga kesehatan pencernaan. (*)

Makan Sate Kambing Takut Kolesterol? Ini Caranya

Minggu, 11/08/2019

Ilustrasi net

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.