Rabu, 22/04/2020

Antara Ash-Shiyam, Ash-Shaum dan Imsak

Rabu, 22/04/2020

Ilustrasi ( Foto: suaramuslim.com )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Antara Ash-Shiyam, Ash-Shaum dan Imsak

Rabu, 22/04/2020

logo

Ilustrasi ( Foto: suaramuslim.com )

KORANKALTLIM.COM - Ustadz Adi Hidayat membahas fiqih Ramadan yang bersumber dari Kitabus Shiyam. Isinya hal-hal yang berkaitan dengan puasa, apa saja hal-hal yang merusak dan membatalkannya. Ingat Ash-Shiyam bukan Asshiap. Ada Ash-Shiyam, ada Ash-Shaum. Keduanya seringkali diartikan dengan puasa.

Sering diungkapkan saya sedang Shaum, saya sedang Shiyam. Orangnya disebut Shaim. Itu untuk laki-laki. Kalau untuk perempuan Shaimah. Dalam Bahasa Arab ada kaidah setiap bertambah huruf atau harakat dalam satu kalimat, pasti maknanya akan berbeda. 

Lantas apa perbedaannya? Mari kita Simak dari Al-Qur'anul Kariim. Jika disebutkan Ash-Shaum artinya menahan. Semua yang menahan itu Ash-Shaum. Apakah menahan haus saja, menahan lapar saja, menahan ngantuk saja. jadi anda bisa mengatakan besok Shaum Ramadan.


فَكُلِي وَاشْرَبِي وَقَرِّي عَيْنًا ۖ فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِي إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنْسِيًّا


"Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk tuhan yang maha pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini". (QS. Maryam: ayat 26)


Kata Shaum ini hanya disebutkan 1 kali saja di Surat Maryam ayat 26. Poinnya di ayat ini Allah ingin menjelaskan makna Shaum Menahan. Menahan tidak bicara. Tidak makan itu Shaum. Tidak bicara itu Shaum.

Jika disebutkan Shiyam maka maknanya akan lebih spesifik yang memiliki aturan tertentu dan khusus, maka lebih cocok menggunakan kata Shiyam. Menariknya Ash-Shiyam disebut 9 kali di dalam Al-Qur'an.

Ini menunjukkan setiap ibadah yang diperintahkan kepada hamba-Nya ada aturan yang ditetapkan. Baik kata Shaum maupun Ash-Shiyam secara etimologi artinya menahan, fokus, pelan-pelan.

"Ada satu hal yang ingin saya berikan penekanan, kata Imsak di sini bukan imsak pengertian tradisi masyarakat kita. Imsak di sini nama lain dari puasa. Kalau ingin menempatkan kata imsak hati-hati jangan dibawa ke masyarakat kita kecuali kita ingin bawa kebiasaan dengan istilah sendiri," terang Ustaz Adi Hidayat seperti dilansir dari sindonews.com.

Baik Shaum maupun Shiyam secara bahasa sama dengan Imsak yang artinya menahan. Karena tiga-tiganya sama, maka punya arti yang sama yaitu menahan. Bahasa populernya puasa. Apa yang dimaksud dengan Imsak? Apa yang dimaksud dengan Shaum? Apa yang dimaksud dengan Shiyam? Menahan sesuatu yang dilarang syari'at dari Fajar sampai Maghrib.

"Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa." (QS. Al-Baqarah: ayat 187)

Dari waktu Maghrib sampai Subuh itu disebut Sahar. Dia tidak masuk kategori Shaum, tidak masuk kategori Shiyam, tidak masuk kategori Imsak. Baru saat Fajar tiba berlaku tiga-tiganya. (*)

Antara Ash-Shiyam, Ash-Shaum dan Imsak

Rabu, 22/04/2020

Ilustrasi ( Foto: suaramuslim.com )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.