Rabu, 01/07/2020

Obat HIV Tak Efektif Sembuhkan Corona

Rabu, 01/07/2020

Ilustrasi obat-obatan ( Foto: SehatQ)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Obat HIV Tak Efektif Sembuhkan Corona

Rabu, 01/07/2020

logo

Ilustrasi obat-obatan ( Foto: SehatQ)

KORANKALTIM.COM-- Obat anti-virus HIV tidak menunjukkan potensi penyembuhan untuk pasien Covid-19.

Hal ini diungkap penelitian di University of Oxford. Kombinasi obat itu, terdiri dari lopinavir dan ritonavir (dengan nama dagang kaletra) yang biasanya digunakan untuk mengobati HIV.

“Hasil dari percobaan ini, bersama dengan percobaan besar acak lainnya harus diperhitungkan ke dalam panduan terbaru sehubungan bagaimana pasien harus diobati,” demikian kata Martin Landray, deputi kepala peneliti percobaan ini pada Senin (29/6/2020).

Dilansir kompas.com, lopinavir-ritonavir tidak memitigasi laju kematian jangka pendek, memperpendek waktu perawatan pasien di rumah sakit, atau menghambat laju penyakit.

Hasil ini diterbitkan sebagai bagian dari percobaan RECOVERY Oxford, sebuah percobaan besar secara acak melibatkan lebih dari 11.800 pasien dari seluruh Inggris yang melakukan evaluasi terhadap sejumlah pengobatan Covid-19 yang diusulkan.

Total ada 1.596 pasien yang diobati dengan kombinasi lopinavir-ritonavir, dan 3.376 pasien yang diberi pengobatan biasa.

Mereka mengumumkan hasil ini setelah dikaji oleh sebuah komite independen.

Percobaan ini mengonfirmasi sebuah studi lebih kecil yang diterbitkan di dalam the New England Journal of Medicine edisi Maret, yang juga menyimpulkan bahwa lopinavir-ritonavir tidak membantu penyembuhan pasien Covid-19.

Pada awal Juni, Oxford menerbitkan hasil percobaan yang menunjukkan bahwa obat antimalaria hidroksiklorokuin tidak efektif sebagai pengobatan Covid-19.

Presiden AS Donald Trump adalah seorang tokoh yang menganjurkan penggunaan obat itu, dan malahan pada Mei mengatakan, dia minum obat itu sebagai langkah pencegahan Covid-19.

Milken Institute memperkirakan saat ini terdapat hampir 260 cara pengobatan dan lebih dari 170 vaksin yang sedang dikembangkan.

Belum ada pengobatan atau vaksin yang disetujui, meskipun China pada Minggu (28/6/2020) mengumumkan telah memberi persetujuan pada sebuah kandidat vaksin yang akan digunakan oleh pihak militer.

Hingga saat ini, cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), cuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, dan sebisa mungkin berada di rumah.(*)

Obat HIV Tak Efektif Sembuhkan Corona

Rabu, 01/07/2020

Ilustrasi obat-obatan ( Foto: SehatQ)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.