Breaking News
Home >> Samarinda >> Nusyirwan: Jangan Hanya Salahkan Pemerintah

Nusyirwan: Jangan Hanya Salahkan Pemerintah

WAKIL Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail meminta agar masyarakat Samarinda tidak sepenuhnya menyalahkan Pemkot Samarinda terkait dengan bencana banjir yang disebut semakin meluas saat ini.
“Kepedulian masyarakat juga penting, jangan hanya pemerintah saja yang disudutkan karen dianggap tidak tuntas menangani banjir. Usaha kami sudah berjalan, namun kami juga memerlukan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Nusyirwan.
Menurutnya, perilaku masyarakat juga salah satu penyebab banjir akibat membuang sampah pada drainase yang telah dibangun oleh Pemkot Samarinda. “Lihat saja beberapa kali kegiatan Jumat bersih, petugas kebersihan saja yang bekerja. Selebihnya masyarakat sebagian besar hanya menonton saja,” tegasnya. “Harusnya, masyarakat bisa lebih peduli lagi terhadap kebersihan lingkungannya. Meskipun tahun ini kami memang tengah memfokuskan anggaran untuk banjir, namun tetap saja kepedulian masyarakat juga berpengaruh dalam hal ini,” tutur Nusyirwan.
Sekadar diketahui, anggaran pemerintah di tahun 2017 melalui APBD untuk mengatasi banjir diberikan kepada pemkot sebesar Rp35 miliar untuk pembenahan drainase dan kegiatan pengendalian banjir lainnya sementara yang diperlukan secara keseluruhan sedikitnya sebesar Rp375. Dana tersebut sebenarnya akan dipenuhi keseluruhan namun dibayarkan secara bertahap alias multiyears. (ms315)