Sabtu, 03/06/2017

Ingin Berumur Lebih Panjang? Berlarilah

Sabtu, 03/06/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Ingin Berumur Lebih Panjang? Berlarilah

Sabtu, 03/06/2017

logo

TIDAK aktif secara fisik disebut merupakan penyebab dari enam persen kematian dini, dan merupakan faktor risiko ke empat yang menyebabkan kematian manusia setelah tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, dan kadar gula darah tinggi.

Padahal untuk aktif secara fisik, seseorang tidak perlu bersusah payah mengusahakannya. Lari adalah salah satu cara termudah untuk bergerak, dan ilmu pengetahuan membuktikan bahwa lari tidak saja membuat Anda lebih sehat, tapi juga membantu Anda hidup lebih lama.

Analisa dari berbagai study yang dimuat di journal Progress in Cardiovascular Diseases menyebutkan bahwa para pelari hidup sekitar tiga tahun lebih lama dibanding bukan pelari. Selain itu, satu jam berlari disebut menambah sekitar 7 jam umur seseorang. Pelari juga memiliki risiko berbagai penyebab kematian 30 persen lebih rendah dibanding mereka yang melakukan aktivitas berbeda atau mereka yang sama sekali malas bergerak.

Para peneliti menduga keuntungan lari untuk kesehatan tubuh, terutama meningkatkan  kebugaran jantung dan paru, adalah alasan utama meningkatnya harapan hidup. Dalam analisa ditemukan bahwa lari juga memperbaiki komposisi tubuh, memgurangi kemungkinan kematian akibat penyakit jantung hingga 45 sampai 70 persen dibanding mereka yang tidak lari, dan bisa memperkecil risiko kematian akibat penyakit kanker antara 30 hingga 50 persen.

Tentu lari bukan satu-satunya kegiatan yang bisa membuat kita sehat. Sebuah penelitian terhadap 44.551 orang berusia 40 hingga 75 tahun menemukan bahwa lari, tenis, dan berjalan cepat menurunkan risiko penyakit jantung hinga 46 persen, 28 persen, dan 23 persen.

Sementara sebuah study di Taiwan terhadap 400.000 orang menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit memberi keuntungan setara dengan 5 menit lari dalam hal menurunkan risiko kematian dini. (kcm)


Ingin Berumur Lebih Panjang? Berlarilah

Sabtu, 03/06/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.