Rabu, 29/05/2019

VAR di Liga 1 Indonesia Sudah Saatnya

Rabu, 29/05/2019

VAR

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

VAR di Liga 1 Indonesia Sudah Saatnya

Rabu, 29/05/2019

logo

VAR

KORANKALTIM.COM - Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic menyambut baik rencana PSSI untuk menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi Liga 1 2019. Menurut Kalezic, terobosan itu akan menjadi revolusi terbaik di sepak bola Indonesia.

VAR merupakan teknologi video untuk membantu wasit mengambil keputusan yang lebih tepat. Terobosan ini pertama kali diuji coba dalam perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia.  Menurut Kalezic, dengan teknologi VAR, wasit bisa meminimalisir kesalahan. Utamanya terkait keputusan-keputusan krusial seperti penalti, kartu merah, dan gol. 

"Jujur saja, setelah empat bulan bekerja di Indonesia, saya rasa ini (VAR) akan menjadi hal terbaik yang akan dilakukan dalam sejarah sepak bola Indonesia. Anda bisa bilang itu (VAR) sebagai revolusi terbaik dalam sepak bola Indonesia. Sebab, saya lihat dalam dua pekan terakhir di Liga 1, terkadang saya tidak bisa percaya dengan (keputusan wasit) yang saya lihat," kata Kalezic seperti dilansir topskor.com.

"Namun, saya tetap menerimanya (keputusan wasit) karena mungkin saja ini terjadi di pertandingan selanjutnya. Saya sangat mendukungnya untuk membantu semua pihak, klub, pemain, wasit, dan sepak bola Indonesia," ujarnya menambahkan.

Komentar positif pun datang dari pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan. Menurutnya, penggunaan VAR bisa menjadi solusi untuk mengatasi kesalahan-kesalahan elementer yang dilakukan para pengadil lapangan.

"Saya sangat mendukung sekali wacana ini. Pertama, untuk membantu wasit dalam mengambil sebuah keputusan. Yang kedua, untuk mengevaluasi keputusan wasit di lapangan. Paling tidak, bisa merevisi kesalahan dari keputusan itu. Yang ketiga, saya melihat di sini ada krisis kepercayaan (terhadap wasit,Red). Ini yang harus diatasi. Jadi saya rasa VAR bisa menjadi solusi," ujar RD.

Adapun wacana penggunaan VAR di Liga 1 2019 tercetus dalam rapat anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, pekan lalu. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha mengatakan, federasi meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 2019 untuk membuat kajian dari segi infrastruktur dan anggaran.

Sementara itu, PSSI akan menyiapkan kajian yang terkait regulasi berdasarkan peraturan FIFA. “PSSI tentunya juga akan menyiapkan wasit-wasit terbaik yang nantinya bertugas di belakang layar dalam pengoperasian VAR,” kata Tisha. (*)

VAR di Liga 1 Indonesia Sudah Saatnya

Rabu, 29/05/2019

VAR

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.