Minggu, 23/07/2017

Kiat Memainkan dan Memadukan Motif Batik

Minggu, 23/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kiat Memainkan dan Memadukan Motif Batik

Minggu, 23/07/2017

logo

Batik yang merupakan karya seni pada kain memiliki penggemar yang tidak sedikit. Tak heran jika kita menjumpai banyak orang mengenakan batik di pesta pernikahan atau acara-acara resmi.

Selain memberikan efek elegan, batik juga menjadi ciri khas karya seni tanah air bagi orang yang memakainya. Agar Anda tampil lebih menarik dan elegan dengan kain batik, berikut ini adalah kiat-kiat memainkan dan memadukan motif batik.

Debbie S. Suryawan penulis buku “Kebayaku” menyarankan, jika Anda ingin menggunakan batik dengan motif besar-besar, pilihlah padanan atau pola busana yang simpel dan minim detail. Tempatkan motif secara simetris, agar motif batik tetap menonjol dan busana terkesan apik.

Koleksi Royal-Wisdom Buketan dari Iwan Tirta Private Collection, menampilkan motif-motif rangkaian bunga, atau kelopak bunga dengan kupu-kupu, burung, atau berbagai satwa kecil lainnya. 

Jangan ragu untuk mengkombinasikan dengan material atau kain sejenis yang berwarna polos. Warna polos yang dipadukan bisa diambil dari warna dasar batik atau warna dominan dari motif batik. Bisa juga warna polos yang sifatnya kontras harmonis dengan warna dominan dari kain batik.

Jika ingin terlihat lebih modern dengan konsep “tabrak motif”, batik bisa juga dikombinasikan dengan kain bercorak sederhana, misalnya garis. Namun perlu dicatat, apabila dikombinasikan dengan kain sebagaimana disebutkan di atas, maka kain kombinasi hanya hadir sebagai aksen sederhana. Tak sedikit juga batik yang menampilkan motif ukuran kecil-kecil. Kain batik bermotif kecil lebih bisa diterapkan pada desain yang lebih rumit dengan permainan pecah pola yang lebih berani.

Dewaraja-Runway Collection 2015 oleh Iwan Tirta Private Collection di Ballroom Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta (27/4/2015).(kcm)

Kiat Memainkan dan Memadukan Motif Batik

Minggu, 23/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.