Kamis, 24/08/2017

Kelebihan Testosteron Bikin Pria Jadi Agresif

Kamis, 24/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kelebihan Testosteron Bikin Pria Jadi Agresif

Kamis, 24/08/2017

logo

PRIA jadi agresif ternyata ada banyak faktornya. Salah satunya karena kelebihan testosteron. Ini penjelasannya! Hormon testosteron seringkali dikaitkan dengan libido dan gairah seks. 

Hormon ini juga diidentikkan sebagai hormon laki-laki yang bertanggung jawab untuk membentuk massa otot, ketahanan tingkat energi, dan perubahan karakteristik suara khas pria yang berat dan nge-bass. 

Ada juga yang bilang bahwa hormon testosteron inilah yang membuat pria agresif. Benarkah demikian? Ya, testosteron memengaruhi sirkuit di otak yang membuat pria agresif 

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan di Journal Biological Psychiatry menemukan bahwa hormon testosteron memengaruhi sirkuit saraf otak. Hormon ini mempengaruhi tingkat agresif pada pria dan wanita. Tingkat testosteron pada pria biasanya berpengaruh pada peningkatkan aktivitas di daerah otak yang terlibat dalam pemrosesan ancaman dan perilaku agresif. Hal inilah yang diduga membuat suami, pacar, atau teman Anda jadi pria agresif. 

Penelitian yang dipimpin oleh Justin Carré dari Universitas Nipissing di Kanada, menemukan bahwa pemberian satu dosis testosteron pada suatu subjek penelitian mempengaruhi fungsi sirkuit otak yang akan berpengaruh pada perilaku agresif. 

Penelitian ini melibatkan 16 orang pria yang memiliki kondisi kesehatan yang baik, untuk mengetahui efek testosteron terhadap respon ancaman otak pada pria, tim penelitian berfokus pada struktur otak yang terlibat dalam pemrosesan ancaman dan perilaku agresif, seperti amigdala, hipotalamus, dan periaqueductal. Penelitian ini berjalan selama dua hari di mana terdapat pria yang terlibat di dalam penelitian diberikan testosteron dan yang lainnya diberikan plasebo atau obat kosong. 

Memahami efek testosteron terhadap pola aktivitas otak yang berkaitan dengan ancaman dan tingkat agresif dapat membantu Anda lebih memahami respons ‘fight or flight’ pada pria. Respon ini berkaitan langsung dengan tingkat agresif dan kecemasan. Selanjutnya, para pria yang terlibat dalam penelitian menjalani pemindaian resonansi magnetik fungsional (fMRI). 

Penelitian ini mampu membuktikan bahwa kadar testosteron normal saja bisa memiliki pengaruh pada sirkuit otak yang terlibat dalam pemrosesan ancaman dan tingkat agresif. Meskipun begitu tidak semua pria yang kelebihan testosteron ditakdirkan akan menjadi sosok yang agresif bak Hulk. Anda bisa mengendalikan keseimbangan hormon tubuh Anda dengan berbagai cara. (okz)

Kelebihan Testosteron Bikin Pria Jadi Agresif

Kamis, 24/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.