Senin, 18/09/2017

Pemanis Buatan Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe Dua

Senin, 18/09/2017

ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pemanis Buatan Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe Dua

Senin, 18/09/2017

logo

ILUSTRASI

ADELAIDE - Konsumsi konsisten pemanis buatan dalam jumlah besar disebut dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengendalikan kadar glukosa dalam darah. Buruknya pilihan pola makan tersebut berpotensi meningkatkan risiko diabetes tipe dua.

Temuan itu diungkap oleh para profesor dari Universitas Adelaide di Australia. Mereka merekrut 27 peserta yang sehat dan memberi beberapa di antaranya kapsul berisi pemanis buatan dengan jumlah yang setara dengan lima kaleng minuman diet.

Kapsul tersebut mengandung sucralose dan acesulfame K dan harus diminum tiga kali sehari selama dua pekan. Sementara, peserta lain yang tersisa meminum kapsul dengan wujud serupa tetapi sebenarnya adalah obat kosong alias plasebo.

Pengujian menunjukkan bahwa tubuh peserta yang mengonsumsi pemanis buatan mengalami sejumlah perubahan. Tingkat gula darah mereka lebih tinggi setelahnya dan ada gangguan pada peptida usus yang mencegah lonjakan kadar glukosa darah setelah makan dan minum.

“Studi ini mendukung konsep bahwa pemanis buatan dapat mengurangi kontrol tubuh terhadap kadar gula darah yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes tipe dua,” ungkap penulis studi.

Temuan telah dipresentasikan pada forum Asosiasi Studi Diabetes Eropa di Lisbon, Portugal. Riset disambut baik terkait urgensinya dengan dunia kesehatan, mengingat pengidap diabetes tipe dua di negara Inggris saja telah mencapai lebih dari empat juta orang.

Meskipun para ahli menganggap hasil studi cukup menarik, sebagian mengatakan bahwa lingkupnya terlalu kecil untuk menarik kesimpulan substansial. Uji coba dalam skala besar tetap diperlukan untuk menguji gagasan tersebut, dilansir dari laman Independent. (rol)


Pemanis Buatan Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe Dua

Senin, 18/09/2017

ILUSTRASI

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.