Breaking News
Home >> Hukum & Kriminal >> Operasi Zebra , 1.485 Pengendara Terjaring

Operasi Zebra , 1.485 Pengendara Terjaring

TENGGARONG – Operasi Zebra yang dilaksanakan mulai 16-29 November 2016 telah berakhir. Dalam operasi tersebut, polisi menilang 1.277 pengendara dan memberikan teguran pada 208 pengendara. Jika di jumlah, maka total ada 1.485 pelanggar yang terjaring operasi zebra tersebut, baik motor ataupun mobil.
Jumlah pelanggaran pada Operasi Zebra 2016 ini lebih banyak dibanding Operasi Zebra 2015 lalu. Saat itu, ada 985 pengendara ditilang dan 104 pengendara diberikan teguran, total ada 1.062 pelanggar yang terjaring operasi zebra 2015. “Dari 1.485 pelanggar yang terjaring razia, untuk pengendara motor ada 192 pelanggar tidak menggunakan helm dan ada delapan pengendara motor yang berboncengan lebih dari satu orang,” kata Kapolres Kukar, AKBP Fadillah Zulkarnaen melalui Kasat Lantas AKP Afrian Satya Permadi.
Polisi juga menjaring 15 pengendara karena melawan arus lalu lintas dan ada juga yang menerobos lampu lalu lintas sebanyak 55 pengendara. Untuk kelengkapan kendaraan, baik spion hingga surat-surat, warga Kukar masih kurang peduli. Buktinya polisi mengamankan 250 kendaraan yang berkaitan dengan surat seperti SIM dan STNK. Termasuk 82 pengendara ditahan karena kelengkapan kendaraanya tidak terpasang. “Data-data ini adalah data pelanggar untuk kendaraan roda dua atau motor. Total pelanggarnya mencapai 1.013 pelanggar,” katanya.
Untuk mobil, polisi mengamankan 264 pengendara dengan jenis pelanggaran berbeda-beda seperti tidak memasang seat belt (Sabuk pengaman), surat-surat dan kelengkapan kendaraan.
Operasi zebra ini, kata dia, tidak hanya dilaksanakan di Sat lantas Polres Kukar, namun juga dilaksanakan di 16 Polsek di bawah wilayah hukum Polres Kukar. “Kita berharap warga tetap menjaga keselamatan saat berkendara, memakai helm bagi pengendara motor, memakai seat belt pada mobil dan jangan lupa untuk membawa surat serta kelengkapan kendaraan,” harapnya. (ami)