Rabu, 14/06/2017

Bom Mortir Berdaya Ledak Tinggi Ditemukan di Tarakan

Rabu, 14/06/2017

ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

0

Bom Mortir Berdaya Ledak Tinggi Ditemukan di Tarakan

Rabu, 14/06/2017

logo

ILUSTRASI

TARAKAN - Tim penjinak bom (Jibom) gegana Brimob Polda Kalimantan Timur, kembali mengevakuasi bom diduga sisa peninggalan Perang Dunia II, di Tarakan, Kalimantan Utara. Bom itu masih aktif, dan diduga masih memiliki daya ledak tinggi.

Bom itu ditemukan di kawasan pelabuhan Malundung, Lingkas Ujung, Kecamatan Tarakan Timur, Tarakan, Senin (12/6) kemarin. Bahkan bom itu sempat dikira sebagai harta karun oleh penemu dan warga sekitarnya.

Bom mortir itu memiliki panjang 48 cm dengan diameter 38 cm, dan ditemukan warga setempat saat sedang melakukan galian tanah menggunakan cangkul.

“Dari informasi tim Brimob Tarakan, bahwa cangkul yang digunakan itu tiba-tiba mengenai benda yang cukup keras ya. Beratnya sekirar 25 kilogram,” kata Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Ade Yaya Suryana, dikutip dari merdeka.com, Selasa (13/6).

“Bom mortir yang sudah dievakuasi itu masih aktif, masih punya daya ledak tinggi. Penanganan temuan bom mortir itu masih dilakukan tim gegana Brimob Polda Kaltim di Tarakan,” ujar Ade.

Sementara, Komandan Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Kaltim AKBP Febryanto Siagian menambahkan, timnya meminta masyarakat, agar segera melapor apabila menemukan benda mencurigakan, menyerupai bom maupun mortir.

“Jangan menyentuh, memindahkan, benda itu, supaya tidak terjadi hal tidak diinginkan,” kata Siagian.

Sebelumnya, temuan dan evakuasi bom juga dilakukan tim Gegana Brimob di areal proyek Pertamina di kawasan Jalan Minyak Gunung 10, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (11/6) lalu.

Bom yang juga diduga peninggalan bom udara peninggalan Perang Dunia II itu sebelumnya ditemukan pekerja proyek yang mengoperasikan ekskavator. Saat menggali tanah mengenai benda keras di dalam tanah. Akhirnya, bom itu berhasil dievakuasi dengan lancar. (mdk)


Bom Mortir Berdaya Ledak Tinggi Ditemukan di Tarakan

Rabu, 14/06/2017

ILUSTRASI

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.