Jumat, 20/10/2017

Brimob Pertebal Pengamanan Perbatasan

Jumat, 20/10/2017

ADE YAYA SURYANA

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

0

Brimob Pertebal Pengamanan Perbatasan

Jumat, 20/10/2017

logo

ADE YAYA SURYANA

BALIKPAPAN - Polda Kalimantan Timur mengerahkan Satuan Brimob ke kabupaten Berau, Kabupaten Nunukan dan Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Langkah ini diambil pascapelumpuhan militan bersenjata Maute di Marawi, Filipina. Muncul kekhawatiran, pengikut Maute masuk ke wilayah Indonesia.

Pelepasan personel Brimob, dilakukan pagi kemarin, Kamis (19/10) sekitar pukul 07.00 Wita di lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Balikpapan. Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Safaruddin memimpin langsung upacara pelepasan personel.

“Benar, BKO (Bawah Kendali Operasi) Brimob dikerahkan ke Berau, Tarakan dan Nunukan di Kalimantan Utara, di perbatasan darat dan perairan ya dengan negara tetangga,” kata Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Ade Yaya Suryana, dikutip dari merdeka.com, Kamis (19/10).

“Pentolannya (militan bersenjata) di Marawi kan dilumpuhkan militer Filipina. Dimungkinkan, pengikutnya kan bisa eksodus kemana-mana ya, termasuk ke Kalimantan Utara,” ujar Ade.

Satuan Brimob yang diperbantukan ke tiga wilayah kabupaten itu berasal dari markas utama Brimob di Balikpapan, dan juga markas Brimob di kota Tarakan.

“Untuk mempertebal pengamanan di sana, di perbatasan Berau, Nunukan dan Tarakan. Markas komando Brimob, tetap di Balikpapan ya. Mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat,” tambah Ade.

Dijelaskan Ade, pasukan Brimob yang diterjunkan, membawa peralatan yang lengkap, untuk menunjang tugas mereka, juga bersinergi bersama dengan TNI.

“Pasukan siap mengantisipasi kemungkinan pengikut-pengikut pemberontak di sana (di Marawi). Selain kendaraan dan peralatan, juga dilengkapi persenjataan yang lengkap,” demikian Ade.

Kalimantan Timur dan Utara memang memiliki sejumlah pulau terluar, yang berada di perairan perbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan Filipina. Ketiga pulau terluar itu adalah pulau Sebatik di Nunukan Kalimantan Utara, pulau Bunyu di Bulungan Kalimantan Utara serta pulau Maratua di kepulauan Derawan di kabupaten Berau, Kalimantan Timur. (mdk)


Brimob Pertebal Pengamanan Perbatasan

Jumat, 20/10/2017

ADE YAYA SURYANA

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.