Jumat, 14/09/2018

Media Sosial Salah Satu Pemicu Tawuran Pelajar

Jumat, 14/09/2018

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Media Sosial Salah Satu Pemicu Tawuran Pelajar

Jumat, 14/09/2018

logo

Ilustrasi

JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyebut media sosial kerap menjadi salah satu tempat pemicu tawuran antar-pelajar. Pola ini dinilai mewarnai beberapa kasus tawuran pelajar yang terjadi akhir-akhir ini.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listiyarti menilai media sosial sering menjadi tempat saling ejek sehingga memicu pertengkaran di dunia nyata. “Masalahnya sepele, seperti saling ejek di media sosial. Mereka pun kerap janjian tawuran melalui media sosial juga seperti menentukan tempat dan waktu tawuran, lengkap dengan jam yang disepakati,” kata Retno di Jakarta, Rabu (12/9).

Retno mengatakan untuk menghindari polisi, tawuran pun sering dilakukan pada dini hari ketika situasi jalan masih sepi. Biasanya, lanjut dia para remaja ini tergabung dalam kelompok yang melibatkan tidak hanya teman satu sekolah tapi juga yang berbeda sekolah.

“Jika beda sekolah biasanya ketika di jenjang sekolah sebelumnya mereka satu sekolah, misalnya saat SMP, namun pisah sekolah saat mereka SMA,” ucap dia.

Berdasarkan data di bidang pendidikan, kasus tawuran pelajar yang tercatat di KPAI terus mengalami penurunan sejak 2014-2017. Pada tahun 2014 total kasus tawuran di bidang pendidikan mencapai 24 persen, tahun 2015 menurun jadi 17,9 persen, dan turun lagi di tahun 2016 menjadi 12,9 persen.

Data yang diambil dari beberapa daerah di Indonesia ini pun tak berubah hingga tahun 2017 kemarin. “Tapi KPAI mencatat terhitung sejak 23 Agustus 2018 hingga Sabtu (8/9) sedikitnya telah terjadi empat kali tawuran di wilayah berbeda yakni Permata Hijau, Kolong Tol JORR W2, Cileduk Raya wilayah Kreo dan Cileduk Raya Wilayah Kota Tangerang,” ucap dia. (ant)


Media Sosial Salah Satu Pemicu Tawuran Pelajar

Jumat, 14/09/2018

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.