Senin, 06/05/2019

Pemerintah Jepang Tawarkan Beasiswa Penuh Bagi Lulusan SMA, Cek Persyaratannya

Senin, 06/05/2019

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pemerintah Jepang Tawarkan Beasiswa Penuh Bagi Lulusan SMA, Cek Persyaratannya

Senin, 06/05/2019

logo

KORANKALTIM.COM, JAKARTA - Sudah lulus SMA dan punya rencana melanjutkan studi di kampus bergengsi? Kenapa tak mencoba seleksi beasiswa keluar negeri? 

Pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) menawarkan beasiswa bagi lulusan sekolah formal tingkat SMA dan sederajat melanjutkan pendidikan jenjang S-1 di universitas di Jepang.

Sebelum berkuliah di universitas, penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang, matematika, bahasa Inggris, dan ilmu sosial (bagi yang memilih bidang studi IPS), dan fisika, kimia, biologi (bagi yang memilih bidang studi IPA) di sekolah persiapan selama 1 tahun di Jepang.

Total masa belajar hingga lulus sarjana yaitu 5 tahun (bagi yang memilih bidang studi kedokteran, total masa belajar yaitu 7 tahun),  dikutip dari kompas.com.


Pilihan program studi

1. Program IPS: Hukum, Politik, Ekonomi, Administrasi Bisnis, Sosiologi, Sejarah, Bahasa Jepang, Ilmu Sosial, Pedagogi dan lainnya.

2. Program IPS: Kedokteran, Dokter Gigi, Agrikulutur, Kesehatan Masyarakat, Sains, Elektronika, Teknik Sipil dan lainnya. 


Cakupan beasiswa

1. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya (termasuk biaya sekolah persiapan)

2. Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥117.000/bulan atau sekitar 15 juta rupiah.

3. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia - Jepang

4. Biaya pengurusan visa pelaja

5. Tanpa ikatan dinas

Syarat

1. Merupakan lulusan SMA/SMK/Sederajat.

2. Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun per tanggal 1 April 2020 (atau lahir antara 2 April 1995 s/d 1 April 2003).

3. Nilai rata?rata Ujian Nasional murni tanpa bahasa Indonesia minimal 84.

Bagi pelamar yang memilih bidang studi kategori IPS namun nilai rata?rata Ujian Nasional kurang dari 84, tetap bisa mendaftar jika mempunyai sertifikat JLPT (Japanese Language Proficiency Test) minimal level N3.

Bagi pelamar yang memilih bidang studi kategori IPA TIDAK BISA MENDAFTAR jika nilai rata?rata Ujian Nasional kurang dari 84, meskipun memiliki sertifikat JLPT.

Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut (lihat disini) tidak dapat mendaftar Beasiswa Monbukagakusho.

Prosedur pendaftaran

1.Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan saja yang boleh mendaftar.

2. Pelamar melakukan registrasi online terlebih dahulu melalui website berikut: http://register.beasiswamext.or.id/

3. Setelah melakukan registrasi, pelamar akan menerima e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut dan menyimpan/mengingat “Nomor Ujian” yang diterima. Apabila dalam 5 menit tidak menerima e-mail konfirmasi, silakan cek kotak spam. Apabila tidak ada, silakan lakukan registrasi ulang menggunakan e-mail berbeda.

4. Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Daftar dokumen dapat dilihat pada keterangan sebelumnya.

5. Seluruh dokumen sudah dilengkapi dan disusun sesuai urutan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar (ukuran bebas). Silakan tulis kode “Gakubu 2020” pada kanan atas amplop.


Berkas dikirim atau diserahkan langsung ke:

Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)

Kedutaan Besar Jepang

Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350

7. Panitia tidak menerima berkas dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.

8. Berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat: 27 Mei 2019 bagi pelamar Tahap II.

9. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan diterima tidak melewati batas waktu yang akan diproses. Dokumen yang telah dikirim ke Kedutaan Besar Jepang tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Pemerintah Jepang Tawarkan Beasiswa Penuh Bagi Lulusan SMA, Cek Persyaratannya

Senin, 06/05/2019

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.