Sabtu, 24/08/2019

Gaji Guru Honorer di Balikpapan Naik Tahun Ini

Sabtu, 24/08/2019

Muhaimin

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Gaji Guru Honorer di Balikpapan Naik Tahun Ini

Sabtu, 24/08/2019

logo

Muhaimin

KORANKALTIM.COM, BALIKPAPAN - Gaji guru honorer dipastikan naik menjadi Rp2,7 juta pada tahun ini. Besaran tersebut sesuai dengan Upah Minimum Kota (UMK) Balikpapan 2018 lalu. Pasalnya, UMK tahun ini Rp2,8 juta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan, Muhaimin mengatakan, gaji guru honorer untuk SD dan SMP awalnya Rp1,3 juta dan ditanggung APBD kota.

“Kenaikannya sudah disepakati antara PGRI, Wali Kota dan DPRD bahwa ada kenaikan gaji untuk guru honorer,” kata Muhaimin, Jumat kemarin (23/8/2019). Hanya saja guru honorer harus mengajar dua tahun berturut-turut untuk mendapatkan kenaikan gaji. “Supaya tidak sekadar jadi batu loncatan saja, harus benar-benar mengajar,” ucapnya.

Syarat tersebut, lanjut Muhaimin, agar pihaknya juga bisa memastikan tidak ada guru honorer yang digaji di bawah UMK. Bahkan bila guru honorer mengajar lebih dari jam yang ditentukan bakal mendapat tambahan Rp300 ribu. “Sehingga gaji yang diterima guru bisa mencapai Rp3 juta per bulan,” ujarnya.

Namun 1.300 guru honorer yang tercatat di Disdikbud itu tidak memiliki kewenangan yang sama dengan guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Walau keberadaanya dibutuhkan untuk menutupi kekurangan tenaga pendidik. “Karena guru honorer tidak bisa menjadi bendahara dan kepala sekolah. Jadi memang, mau tidak mau kebutuhan standar untuk pengadaan guru PNS itu harus dilakukan,” jelasnya.

Sehingga masih banyak guru yang merangkap tugas atau mengajar lebih dari jam kerja. “Kewajiban mereka memang mengajar,” sebutnya.

Disdikbud menginginkan kebutuhan guru PNS dipenuhi pemerintah pusat. Apalagi dengan bakal diterapkannya kebijakan zonasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara itu, pihak Direktorat Jenderal Guru dan Kependidikan, Elvira mengatakan, kementerian sedang merancang Permendikbud yang multisubjek guna memenuhi kebutuhan guru.

“Regulasinya sedang digodok karena tercatat di kami (Kemendikbud) ada 781 ribu guru honorer, sebelumnya hanya 400 ribu orang,” imbuhnya. (*)


Penulis : */Hendra

Gaji Guru Honorer di Balikpapan Naik Tahun Ini

Sabtu, 24/08/2019

Muhaimin

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.