Share?

Siapa Pemilik Suara Pemilih Kukar di Pilgub Kaltim?


korankaltim
korankaltim
    2018-01-22 14:14:23.000000
img

ilustrasi

TENGGARONG - Suara pemilih di Kabupaten Kukar untuk Pilgub Kaltim 2018 dipastikan milik Partai Golkar. Dengan jumlah pemilih terbesar ketiga setelah Kota Samarinda dan Balikpapan, suara di Kukar sangat menentukan kemenangan pasangan kandidat.

Dosen Fisipol Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Sudirman memperkirakan suara pemilih di Kukar masih menjadi milik Partai Golkar. Loyalis partai berlambang pohon beringin ini kata dia masih memiliki kans besar meraih suara terbanyak. Ini tergambar dari perolehan kursi Partai Golkar di DPRD Kukar.

“Suara pemilih Kukar tergantung Partai Golkar memperjuangkan calonnya, harus diakui suara Partai Golkar lebih dominan di sini” kata Sudirman kepada Koran Kaltim belum lama ini.

Dosen yang sedang menempuh program Doktoral di UGM ini mewanti-wanti, potensi golongan putih alias golput di Kukar bisa sangat tinggi. In bisa terjadi jia tertanam di benak masyarakat Kukar yang menganggap pilgub tidak berdampak signifikan terhadap kehidupannya. Lain halnya dengan memilih bupati yang bisa merasakan dampaknya di Kukar.

“Kecenderungan golput sangat tinggi, bisa dilihat tingkat partisipasi pemilih kukar saat Pilgub Kaltim sebelumnya tahun 2013 yang lalu, tingkat partisipasinya hanya 56 persen saja di kukar,” kata Sudirman.

Dia menambahkan, pemilih dari Kukar tidak mempersoalkan latar belakang si calon gubernur dan wakilnya, apakah mewakili Kukar atau daerah lainnya. Menurut dia, yang penting bisa memberikan dampak terhadap kehidupan dirinya secara besar maka akan dipilih.


Penulis: Rian

Editor: Firman Hidayat

berita TERKAIT


baca LAINNYA

Korankaltim.com - Cerdas Bersama Rakyat