KPU Didik Pemilih Pemula Paser

Kamis, 08/02/2018

TANA PASER - Seratusan pemilih pemula menghadiri acara sosialisasi yang digagas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser di Pendopo Bupati Paser Rabu (7/2) pukul 09.00 Wita.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Paser, Nur Khamid mema­parkan tentang pengawasan oleh Panwaslu terhadap tahapan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018. “Panwaslu merupakan mitra kerja KPU yang bergerak dalam hal pengawasan setiap tahapan Pemilu,” jelas Khamid.

Khamid berharap kepada pemilih pemula turut serta mengawasi dan memberikan informasi jika mendapati pelanggaran baik peserta pemilu ataupun penyelenggara pemilu. “Panwas sangat membutuhkan pengawasan partisipatif dari kalangan masyarakat terutama mahasiswa dan pemilih pemula, sebab biasanya mahasiswa dan pemilih pemula ini masih belum tercampur dengan suasana politik,” jelas Khamid.

Komisioner KPU Paser, Amamah Parasanty menyampaikan kegiatan tersebut merupakan sarana yang digunakan KPU untuk memaksimalkan kesertaan pemilih dalam Pilgub 2018.

Selain itu Santy juga menginformasikan kepada peserta yang kese­luruhannya sebagai pemilih pemula tentang formulir C-6 yang sampai saat ini masih dianggap sebagai undangan memilih oleh masyarakat.

“Form C-6 bukanlah undangan, jadi walau tanpa C-6 pemilih tetap bisa masuk ke bilik suara untuk memilih dengan ketentuan vsudah terdaftar di dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap).” Jelas Santy.

Bagi pemilih pemula yang belum memiliki E-KTP menurut dia bisa juga menggunakan surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil). “Intinya sudah memiliki E-KTP dengan domisili di daerah tersebut tapi belum masuk dalam DPT masih bisa memilih dengan menunjukkan e-KTP nya tersebut kepada petugas Pemungutan Suara di TPS,” tegas Santy.

Di perkirakan jumlah pemilih tahun ini akan meningkatkan dari tahun sebelumnya. Selain itu Santy juga berharap dari peserta yang hadir bisa berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu Gubernur Kaltim tahun 2018.

“Mari bersama kita berusaha untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk berkenan memberikan hak pilihnya untuk menentukan pemim­pin Kaltim pada pilgub tahun ini.” Pungkasnya. (dc1217)


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.