Jumat, 29/06/2018

KPU Larang Formulir C1 Dicoret-coret

Jumat, 29/06/2018

TAMPAK para saksi paslon, Panwas dan PPK melakukan pengecekan rekap hasil suara Pilgub Kaltim di Balikpapan Timur. ( hendra )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

KPU Larang Formulir C1 Dicoret-coret

Jumat, 29/06/2018

logo

TAMPAK para saksi paslon, Panwas dan PPK melakukan pengecekan rekap hasil suara Pilgub Kaltim di Balikpapan Timur. ( hendra )

BALIKPAPAN - Tahapan Pilgub Kaltim belum berakhir meski hari pencoblosan sudah dilaksanakan pada 27 Juni lalu. Kini tahapan itu berlanjut kepada rapat pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara yang dilakukan PPK.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha mengatakan berdasarkan jadwal, maka sejak 28 Juni hingga 3 April nanti merupakan tahapan pleno di tingkat PPK.

“Kalau di Balikpapan, sudah disepakati bahwa pleno PPK dilaksanakan pada hari Jumat dan logistik untuk rapat tersebut, berupa kotak berisi surat suara dan beragam formulir sudah berada di lokasi yang dipilih PPK dari enam kecamatan,” kata Noor Thoha (29/6).

Mekanisme dalam rapat tersebut, lanjutnya, PPS membacakan isi dari formulir C dan C1 atau hasil suara yang direkap KPPS dari masing-masing TPS per kelurahan. “Hasilnya itu di-input PPK ke dalam formulir DAA yakni hasil rekapan seluruh TPS dalam satu kelurahan,” jelasnya.

Setelah di-input ke formulir DAA, maka PPK kembali merekap data suara ke dalam formulir DA1. Formulir ini merupakan hasil perolehan suara keempat paslon dari satu kecamatan termasuk jumlah suara sah, suara rusak hingga jumlah kehadiran pemilih dari DPT.

KPU menekankan agar peserta pleno benar-benar cermat dan teliti ketika merekapitulasi. Jika terjadi perbedaan penulisan pada formulir C1 maka proses perbaikannya menggunakan formulir DAA.

“Kami sudah ingatkan ke PPK dan PPS bahwa formulir C1 itu original, tidak boleh dicoret-coret. Kalau terjadi kesalahan atau perbedaan antara data TPS, saksi paslon dan panitia pengawas maka diperbaiki ke formulir DA2 untuk kejadian khusus,” tekannya.

KPU meyakini tidak akan terjadi kekeliruan dalam perolehan suara. Hanya saja yang patut diperhatikan oleh peserta rapat pleno adalah Daftar Pemilih Tetap dan Daftar Pemilih Tambahan atau DPT - DPTb.

“Saksi paslon dan Panwas pasti mengikuti dan mereka juga pegang data per TPS. Sehingga jika terjadi kekeliruan, maka dilakukan koreksi bersama,” tukasnya.

Rapat pleno itu, lanjut Noor Thoha, bukan proses untuk menjustifikasi tapi untuk menyamakan data. Setelah selesai, hasilnya diserahkan ke KPU Balikpapan untuk kembali diplenokan pada 4 Juli mendatang.

“Kalau sudah selesai di tingkat PPK maka naik ke tingkat KPU. Insya Allah, kalau di PPK clear, tidak ada masalah, maka pleno KPU juga tak akan terjadi masalah. Kan tinggal membacakan saja,” ujarnya.

Sedangkan real count yang dilakukan Desk Pilkada di Kesbangpol, KPU berpendapat hasilnya tidak akan jauh dari real count yang juga digarap penyelenggara pemilu. “Kami lebih up to date karena formulir C1 yang di-scan langsung masuk ke sistem. Tapi, Insya Allah, hasilnya tidak jauh berbeda karena bahan bakunya sama-sama dari TPS,” ucapnya.

Meski begitu, KPU kembali menekankan bahwa real count merupakan hasil sementara. “Hasil yang valid itu setelah proses pleno karena tidak menutupkemungkinan ada orang yang salah tulis di formulir C1,” tukasnya.

Selain itu, KPU juga mengklaim tingkat partisipasi pemilih untuk sementara mengalami peningkatan sebesar 64,6 persen bila dibandingkan pada Pilgub Kaltim 2013 berkisar 50 persen lebih. Meski capaian itu tak sesuai target KPU RI yakni 77,5 persen.

“Kami juga ketir-ketir karena hujan yang turun pada pagi hari di waktu pencoblosan. Kalau hujan seharian, bisa terulang lagi kejadian di 2013 lalu,” pungkasnya. (hn518)



KPU Larang Formulir C1 Dicoret-coret

Jumat, 29/06/2018

TAMPAK para saksi paslon, Panwas dan PPK melakukan pengecekan rekap hasil suara Pilgub Kaltim di Balikpapan Timur. ( hendra )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.