Senin, 16/07/2018

Hari Ini, Partai Perindo, Nasdem dan Gerindra Mendaftar ke KPU Kaltim

Senin, 16/07/2018

PAN saat mendaftrakan calegnya ke KPU Kaltim. (sab/kk)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Hari Ini, Partai Perindo, Nasdem dan Gerindra Mendaftar ke KPU Kaltim

Senin, 16/07/2018

logo

PAN saat mendaftrakan calegnya ke KPU Kaltim. (sab/kk)

SAMARINDA - Penyerahan berkas pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) bagi partai politik tinggal menghitung hari. Dua hari jelang penutupan masa pendaftaran, KPU Kaltim mencatat hanya dua partai yang sudah mendaftarkan caleg-nya. Sesuai jadwal pendaftaran, 9-17 Juli 2018. Jika sampai batas akhir pendaftaran tak mendaftarkan calonnya, maka KPU Kaltim memastikan akan mencoret dari kepsertaan Pilge tahun depan.

Sekretaris KPU Kaltim Syarifudin Rusli mengatakan dua partai tersebut yaitu Partai Kebangkita Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Disebutkannya, partai yang pertama kali menyerahkan berkas pencalonan adalah PKB, Rabu (11/7), sementara PAN, Kamis (13/7). “Hingga, Minggu (15/7) kami mencatat baru PKB dan PAN yang mendaftar ke KPU,” kata Syarifudin Rusli, kemarin. 

Kata dia, rencananya, Senin (16/7) hari ini ada tiga partai yang sudah melakukan komunikasi ke KPU Kaltim. Mereka akan mendaftar ke KPU Kaltim Jalan Basuki Rahmad, Samarinda. Masing-masing Partai Perindo, Partai Nasdem dan Partai Gerindra.

Sekedar diketahui ada 16 partai politik peserta Pemilu 2019. Artinya masih ada 14 partai belum mendaftarkan calegnya ke KPU Kaltim. Jika lewat dari tanggal 17 Juli pukul 00.00 WITA maka partai yang bersangkutan akan gagal ikut nyaleg untuk di DPRD Provinsi Kaltim pada pemilu 2019. 

“Ada 14 Partai yang belum mendaftarkan bakal calegnya di DPRD Provinsi Kaltim. Jika lewat tanggal 17 Juli pukul 24.00 wita, maka partai tersebut tidak bisa mendaftarkan calegnya yang dari Provinsi untuk nyaleg,”katanya baru-baru ini. 

Dirinya yakin partai yang belum mendaftrakan caleg akan mendaftar di hari terakhir. “Biasanya dia mendaftar di tanggal 17 Juli sebagai batas akhir pendaftaran caleg,” bebernya.

Selanjutnya KPU akan verifikasi berkas 18 Juli dan dilanjutkan pengumuman pada 19 Juli. “Jika ada bakal calon yang belum lengkap maka calon bisa melakukan perbaikan, sebelum ditetapkan sebagai caleg DPRD Kaltim,” ujarnya. Sekretaris Sekertaris Nasdem Kaltim, Fatimah Azahri mengaku akan mendaftarkan calegnya ke KPU, Senin (16/7) hari ini secara serentak seluruh Indonesia.”Besok (hari ini) Partai Nasdem mendaftarkan calegnya serentak, dan untuk di Kaltim kami akan datang pukul 14.00 WITA ke KPU Kaltim,” kata Fatimah, kemarin. 

Bakal caleg DPRD Kaltim daerah pemilihan (Dapil) Samarinda ini mengaku ada 55 bakal caleg Provinsi Kaltim dari Nasdem yang akan didaftrakan ke KPU Kaltim. 

Dari 55 nama tersebut diantaranya ada dua anggota DPRD Kaltim, Saefudin Zuhri dan Ismail. Selanjutnya ada Abrianto Amin (mantan politikus Golkar), Muhdiyat Noor (mantan politikus Hanura), dan Fajri Al Farobi (Ketua GP Ansor Kaltim). “55 nama sesuai kursi di Karang Paci,” tandasnya. (sab)

Hari Ini, Partai Perindo, Nasdem dan Gerindra Mendaftar ke KPU Kaltim

Senin, 16/07/2018

PAN saat mendaftrakan calegnya ke KPU Kaltim. (sab/kk)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.