Rabu, 10/10/2018

5 Ribu DPT Ganda di Balikpapan Dicermati Ulang

Rabu, 10/10/2018

Noor Thoha

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

5 Ribu DPT Ganda di Balikpapan Dicermati Ulang

Rabu, 10/10/2018

logo

Noor Thoha

BALIKPAPAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Balikpapan kembali melakukan pemeriksaan terkait adanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda. Direncanakan Kamis (11/10) hari ini, KPU bersama stakeholder akan melakukan pencermatan.

“Kita akan mengumpulkan seluruh partai politik dan Bawaslu yang pertama pencermatan daftar pemilih ternyata masih ditemukan ganda dan daftar pemilih anomali,” ungkap Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha kepada media ini.

DPT ganda sementara ditemukan sekitar 5 ribu atau sekitar 2.500 pemilih yang perlu diperbaiki. “ Kalau DPT ganda di TPS mungkin bisa ketahuan tapi kalau ganda antara kelurahan maupun kecamatan kabupaten dan antar propinsi ini menjadi masalah tersendiri,” akunya.

Sementara DPT ganda didominasi di wilayah kabupaten dan provinsi. “Langkah yang diambil mengumpulkan stakeholder untuk memberikan masukan di samping ditemukan kegandaan data KPU siapa tahu ada data kegandaan dan anomali oleh pihak lain,”bebernya.

Pihaknya juga akan memeriksa langsung ke rumah warga yang terindikasi masuk DPT ganda. “Maka KPU akan mengerjakan melibatkan PPK dan PPS untuk mencermati ini kalau misalnya ada kegandaan kita minta kepada PPS untuk mengecek nih betul apa tidak ada orangnya terus ganda di propinsi tentu salah satunya akan dicoret,”katanya.

Dia menambahkan, faktor terjadinya kegandaan dikarenakan adanya warga yang melakuka pindah domisili akan tetapi tidak melaporkan. “Jadi orang tersebut pindah ke daerah lain namun tidak melapor maka terdaftar di dua wilayah. Target kami penyelesaian selama 7 hari dari hari H pelaksaan,”tandasnya. (yud)

5 Ribu DPT Ganda di Balikpapan Dicermati Ulang

Rabu, 10/10/2018

Noor Thoha

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.