Kamis, 18/10/2018

KPU Kubar Akui Masih Ada Warga Belum Masuk DPT

Kamis, 18/10/2018

KPU Kubar Akui Masih Ada Warga Belum Masuk DPT (imr / korankaltim )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

KPU Kubar Akui Masih Ada Warga Belum Masuk DPT

Kamis, 18/10/2018

logo

KPU Kubar Akui Masih Ada Warga Belum Masuk DPT (imr / korankaltim )

SENDAWAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Barat (Kubar) melakukan pencermatan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kubar untuk Pemilu  2019, Rabu (17/10).

Ketua KPU Kubar, FX Irianto mengatakan pencermatan melalui mengecek data diri serentak tindak lanjut dari lindungi hak pilih masyarakat. Cek data diri dilakukan pada delapan titik dalam wilayah kota Kubar, yakni Pasar Jaras dan Meleo Baru serta Polteknik Sendawar di Kecamatan Barong Tongkok, Pasar Olah Bebaya dan Pelabuhan Melak di Kecamatan Melak, Pasar Nala Linggang Bigung, Pasar Tering Seberang serta Pelabuhan Tering.

“KPU menemui masyarakat, mereka menunjukkan Kartu Tanda Penduduk elektornik (KPT-e),  kemudian dicek oleh petugas, diketahui jika ada warga yang belum masuk dalam DPT pemilu 2019,” beber FX Irianto kepada Koran Kaltim di Pasar Nala, Kecamatan Linggang Bigung, siang kemarin.

FX Irianto tak menampik jika masih ada warga yang belum masuk DPT Pemilu 2019. Sedangkan pemilih non (di luar) jumlah DPT Kubar saat ini yang menurut pusat sebanyak 16.103 jiwa, hal itu belum bisa dibuktikan kebenarannya.

“Kalau belum terdaftar dalam DPT karena telah meninggal dunia dan belum dicoret namanya, atau nama ganda, serta di bawah umur, itu kemungkinan besar ada. Tapi jumlah non DPT tidak sebanyak yang disebutkan itu,” bebernya.

Masyarakat yang belum masuk DPT, masih ada kesempatan. Diharapkan PPS juga Bawaslu, partai politik (parpol), serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) turut serta membantu mensosialisasikan. “Masa pencermatan data diri berlaku hingga 28 Oktober. Masyarakat bisa mengecek langsung jika sudah terdaftar dalam DPT,” urainya.

FX Irianto mengungkapkan, ada kemungkinan besar DPT Kubar yang saat ini berjumlah 111.322 pemilih,  pada 30 Oktober berubah menjadi berkurang atau bertambah. 

“Database KPU RI dari Kemendagri berdasarkan Disdukcapil, di Kubar masih ada sekitar 790 orang yang perlu di klarifikasi. Karena pada saat coklit (Pencocokan dan Penelitian)  oleh KPU beberapa waktu lalu, ada pula warga yang tidak ditempat, bahkan administrasi kependudukan berbeda,” tuturnya. 

Untuk diketahui, semula melalui rapat pleno awal jumlah DPT Kubar  untuk pemilu 2019 sebanyak 111.408. Namun melalui pencermatan, selanjutnya pada 12 September 2018 KPU Kubar kembali melakukan rapat pleno terbuka dan menetapkan jumlah DPT Kubar menjadi 111.322 jiwa. Saat ini KPU Kubar masih melakukan pencermatan hingga 30 Oktober mendatang. Tidak menutup kemungkinan DPT tersebut akan berubah. (imr)


KPU Kubar Akui Masih Ada Warga Belum Masuk DPT

Kamis, 18/10/2018

KPU Kubar Akui Masih Ada Warga Belum Masuk DPT (imr / korankaltim )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.