Senin, 19/11/2018

Seleksi Anggota KPU Kabupaten/Kota Wilayah I, 53 Peserta Gugur

Senin, 19/11/2018

Ketua Timsel Wilayah I, Bambang Iswanto

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Seleksi Anggota KPU Kabupaten/Kota Wilayah I, 53 Peserta Gugur

Senin, 19/11/2018

logo

Ketua Timsel Wilayah I, Bambang Iswanto

SAMARINDA – Tim Seleksi (Timsel) Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota Wilayah I, terdiri dari Samarinda, Bontang, Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Timur (Kutim), dan Berau telah mengumumkan nama-nama peserta yang lolos seleksi administrasi berkas pada Sabtu (17/7) lalu. 

Total ada  145 peserta  yang lulus seleksi berkas. Sementara yang gugur seleksi berkas sebanyak 53 peserta. 

Ketua Timsel Wilayah I Bambang Iswanto mengatakan, untuk KPU Samarinda, dari 72 pendaftar hanya 40 bakal calon yang lolos seleksi administrasi. Kukar dari 38 pendaftar hanya empat yang tidak lolos seleksi administrasi. Bontang dari 25 pendaftar hanya 21 yang lolos. Kutim dari 33 pendaftar hanya 26 yang lolos. Terakhir KPU Berau, dari 27 pendaftar, hanya tiga yang tidak lolos. 

Sementara, kata dia, yang gugur seleksi administarsi berkas di zona 1 tersebut, yakni 32 peserta di Samarinda, 4 peserta di Kukar, 3 peserta dari Bontang, 8 peserta Kutim dan 6 peserta dari Berau. “Jadi ada 53 calon calon KPU Kabupaten dan kota  Zona 1 gugur seleksi berkas,” katannya.

Anggota Timsel KPU Wilayah 1, Zamroni menambahkan, salah satu yang menjadi penilaian timsel dalam penelitian administrasi ini, yaitu memberikan nilai berupa bobot terhadap syarat administrasi termasuk pendidikan dan pengalaman organisasi atau institusi. 

Untuk pendidikan, memiliki bobot 50 persen dalam penilaian. S1 dengan nilai 50 dan bobotnya 25, S2 nilainya 75 dengan bobot 37,5. Sementara S3 dengan nilai 100 bobotnya 50.

Sedangkan untuk pengalaman organisasi/institusi memiliki nilainya sendiri dan bobot 50  persen. Untuk organisasi non kepemiluan memiliki nilai 25 dengan bobot 12,5, sedangkan organisasi kepemiluan punya nilai 50 dengan bobot 25. Kemudian untuk pengalaman sebagai anggota KPU/Bawaslu di kabupaten/kota memiliki nilai 75 dengan bobot 37,5. Terakhir untuk anggpta KPU/Bawaslu provinsi memiliki niali 100 dengan bobot 50.

Bukti fisik penilaian semacam ini bisa mempengaruhi penilaian calon anggota KPU untuk dinyatakan lolos atau tidak.

Bagi yang sudah dinyatakan lulus administrasi, lanjut Zamroni, akan mengikuti tes CAT (Computer Asissted Test) yang akan diselenggarakan pada Senin (19/11) hari ini di Kampus 2 IAIN Samarinda Seberang. 

Untuk jadwal CAT bersamaan harinya dengan tes calon KPU Kaltim. Jadwalnya sendiri, sesi pertama peserta dari Samarinda dimulai pukul 08.00 Wita. Sesi kedua, peserta KPU Kaltim dan Kota Bontang pukul 10.00 Wita. Sesi ketiga, Kukar sekitar pukul 13.00 Wita. Terakhir sesi keempat peserta Berau dan Kutim pukul 15.00 Wita.

“Catatan bagi peserta wajib hadir di lokasi setengah jam sebelum tes dan peserta wajib membawa KTP elektronik,” tambah Sekretaris Timsel I, Awang Muhammad Rifani.(sab/ami)


Seleksi Anggota KPU Kabupaten/Kota Wilayah I, 53 Peserta Gugur

Senin, 19/11/2018

Ketua Timsel Wilayah I, Bambang Iswanto

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.