Jumat, 10/05/2019

UGM Kaji Penyebab Meninggalnya Ratusan Petugas KPPS

Jumat, 10/05/2019

Ilustrasi / net

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

UGM Kaji Penyebab Meninggalnya Ratusan Petugas KPPS

Jumat, 10/05/2019

logo

Ilustrasi / net

KORANKALTIM.COM, YOGYAKARTA -- Meninggalnya ratusan petugas penyelenggara Pemilu 2019 menjadi perhatian banyak pihak.

Universitas Gadjah Mada bahkan sedang menyiapkan kajian mengenai penyebab meninggalnya para pahlawan demokrasi ini.  

"Kajian bertujuan melihat secara komprehensif apa saja faktor penyebabnya," kata Koordinator Kelompok Kerja Kajian Pemilu UGM, Abdul Ghaffar Karim saat konferensi pers tentang "Tanggapan UGM terhadap Kejadian Sakit dan Meninggalnya Petugas dalam Pemilu 2019" di Kampus Fisipol UGM, Yogyakarta, Kamis (9/5).

Menurut Abdul, riset untuk menelisik penyebab kematian para petugas pemilu akan dilakukan selama beberapa pekan ke depan dan belum bisa dipastikan kapan kajian akan rampung. Meninggalnya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang hingga saat ini mencapai 450 orang itu, kata Ghaffar, harus dilihat dari berbagai sudut keilmuan.

Ia menilai hingga saat ini ada sejumlah dugaan muncul mengenai penyebab kasus itu. Ada yang menduga kasus itu disengaja untuk mengacaukan pemilu. Di sisi lain, ada yang berpendapat para petugas jatuh sakit dan kemudian meninggal karena depresi akibat tudingan melakukan kecurangan.

"Dugaan awal (penyebab kematian) tekanan dari elite politik, tapi kami akan pastikan hasil kajian lapangan lebih dulu," kata dia, dikutip dari republika.

Dekan Fisipol UGM Erwan Agus Purwanto mengatakan anggota tim kajian akan segera berkumpul untuk membahas teknis di lapangan. Mereka berasal dari Fisipol, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK), dan Fakultas Psikologi UGM.

Menurut Erwan, setiap fakultas akan mengirimkan dua orang anggota dan mereka juga akan bekerja sama dengan 10 kampus di Indonesia yang memiliki kajian tentang pemilu seperti Universitas Lampung, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Universitas Cendrawasih. "Pekan ini tim akan mulai bekerja," kata dia.(*)

UGM Kaji Penyebab Meninggalnya Ratusan Petugas KPPS

Jumat, 10/05/2019

Ilustrasi / net

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.