Rabu, 06/11/2019

Amankan Pilkada, Pemkot Siapkan Rp7 Miliar Dana

Rabu, 06/11/2019

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Amankan Pilkada, Pemkot Siapkan Rp7 Miliar Dana

Rabu, 06/11/2019

logo

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA – Pemkot Samarinda benar-benar ingin memberikan dukungan penuh dalam rangka menyukseskan agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun depan. Karena itu, mereka tidak hanya sekadar menyiapkan anggaran bagi penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Anggaran pengamanan Pilkada juga kabarnya telah disiapkan dengan  total Rp7 miliar.

Hal ini diakui Asisten I Pemkot Samarinda, Tejo Sutarnoto saat ditemui di Balaikota, Selasa (5/11/2019)  kemarin. Saat ini terang dia, Pemkot teng­ah membahas mekanisme penyerahan dana hibah dimaksud. Jika Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah disepakati, maka proses pencairan sudah bisa dilakukan. Dengan demikian, diharapkan ke­seluruhan proses tersebut sudah bisa beres pada akhir tahun ini.  

“Jadi nanti pertanggung jawabannya bisa langsung dise­lesaikan tahun ini juga,” sebut Tejo.

Proses hibah baru bisa dilakukan setelah sejumlah berkas persyaratan hibah selesai diproses oleh Bagian Kerja Sama Pemkot Samarinda dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Selanjutnya BPKAD akan mengusulkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Samarinda, dan Bagian Kerja Sama mengurus terbitnya NPHD.

Tejo menjelaskan, dana pengamanan tersebut ditujukan untuk dua insti­tusi keamanan, yakni kepolisian dan TNI dengan nominal berbeda. Anggaran pengamanan itu tak termasuk dalam batang tubuh dana penyelenggara Pilkada. Karena anggaran Pilkada sebanyak Rp56 miliar yang sudah disepakati tersebut nantinya hanya diperuntukkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda selaku penyelenggara Pilkada.

Untuk institusi kepolisian akan mendapatkan anggaran Rp7 miliar. Sedangkan TNI hanya kebagian Rp750 juta. “Karena memang urusan keamanan­nya terpusat di kepolisian,” sebut Tejo

Tejo memastikan selama 2019 ini, belum ada anggaran yang dikucurkan untuk pengamanan Pilkada. Karena sesuai dengan tahapan Pilkada yang ditetapkan KPU Samarinda, segala kegia­tan di tahun 2019 ini belum terlalu membutuhkan pasukan keamanan. (*)


Penulis: */Permata S Rahayu

Editor; Aspian Nur

Amankan Pilkada, Pemkot Siapkan Rp7 Miliar Dana

Rabu, 06/11/2019

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.