Rabu, 16/08/2017

Pelantikan Komisioner Panwaslu Diundur

Rabu, 16/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Pelantikan Komisioner Panwaslu Diundur

Rabu, 16/08/2017

SAMARINDA – Jadwal pelantikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota diundur. Semula, agenda pelantikan dijadwalkan pada 19 Agustus, namun diundur karena Bawaslu RI menginginkan agar pelantikan dilaksanakan secara serentak 24 Agustus mendatang.

Ketua Bawaslu Kaltim Saiful menjelaskan, diundurnya pelantikan bukan karena masalah. Melainkan lebih karena mengikuti arahan Bawaslu RI yang menginginkan pelantikan Panwaslu dilaksanakan serentak di semua daerah.

“Kalau dari kami sebenarnya sudah tidak ada masalah. Tapi kami mendapat pemberitahuan dari Bawaslu RI meminta pelantikan diundur tanggal 24 atau paling lambat tanggal 28 Agustus,” kata Saipul, Selasa (15/8) kemarin.

Kendati pelantikan diundur, ia memastikan hal itu tidak akan menganggu tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018. Karena pascapelantikan nantinya akan langsung dilanjutkan dengan pemberian orientasi atau bimbingan teknis (bimtek) kepada Panwaslu kabupaten/kota.

“Pada prinsipnya, Bawaslu RI tidak ingin ada pelantikan Panwaslu yang lebih cepat atau lambat. Jadi tidak ada masalah. Intinya, September mendatang Panwaslu sudah siap bekerja,” tegasnya.

Ia mengatakan, setelah pelantikan dan bimtek Panwaslu kabupaten/kota, nanti akan dilanjutkan dengan perekrutan Panwas di tingkat kecamatan, atau Panwascam. “Informasi diundurnya pelantikan sudah kami sampaikan kepada semua Panwas kabupaten/kota. Baik secara lisan (telepon) maupun melalui surat resmi dan lewat surat elektronik para anggota Panwaslu,” sebutnya.

Saipul menambahkan, pada prinsipnya baik Bawaslu dan Panwaslu akan bekerja semaksimal mungkin menyukseskan setiap tahapan Pilgub Kaltim 2018. Sehingga, penyelenggaraan pesta demokrat di tanah Borneo berjalan sukses, semarak, dan transparansi.

“Kami semua ingin Pilgub Kaltim berjalan dengan baik, tanpa hambatan dan kendala yang berarti. Agar masyarakat Kaltim mendapatkan pemimpin yang terbaik yang bisa membangun dan mensejahterahkan rakyat,” tandasnya.

Sesuai agenda sebelumnya, tempat pelantikan Panwaslu kabupaten/kota akan tetap dipusatkan di salah satu hotel di Kota Balikpapan. Pelantikan direncanakan akan dihadiri sejumlah pejabat tinggi di Benua Etam. (sab)

Pelantikan Komisioner Panwaslu Diundur

Rabu, 16/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.