Selasa, 22/08/2017

Target 77 Persen, Fokus Pemula

Selasa, 22/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Target 77 Persen, Fokus Pemula

Selasa, 22/08/2017

SAMARINDA – KPU Kaltim mulai melakukan langkah sosialisasi untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih sesuai target 77 persen. Salah satu caranya adalah dengan melakukan sosialisasi yang lebih masif dan mengena sasaran. 

Sekretaris KPU Kaltim Syarifuddin Rusli menuturkan, sosialisasi akan menyasar sejumlah segmen masyarakat yang akan dilakukan dalam proses berjalannya tahapan, mulai dari awal hingga akhir. Pihaknya sudah menggandeng sejumlah komunitas yang nantinya akan menjadi mitra. 

“Saat ini kita sedang masif melakukan pendekatan ke pemilih pemula, khususnya siswa sekolah menengah atas. KPU menanamkan kepada mereka kesadaran pentingnya memiliki pilihan. Jangan sampai sudah terdaftar sebagai pemilih justru tak memilih. Itu yang tidak kita inginkan terjadi, sebab kita punya terget partisipasih pemilih capai 77 persen di Pilgub Kaltim tahun 2018 ini,” sebutnya.

Usaha peningkatan partisipasi melalui sosialisasi ini dirasa memang cukup perlu dilakukan, mengingat jumlah pemilih di Kaltim dalam Pilkada yang masih terhitung rendah.

“Pada Pilkada lalu, angka partisispasi hanya 57 persen. Pilkada kali ini, kami ingin mengerek angka itu menjadi 77 persen,” katanya.

Syarifuddin berharap agar masyarakat meningkatkan partisipasi aktif dengan banyak menggali informasi tentang Pilkada. Dalam hal ini, KPU juga menekankan terutama kepada masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT, untuk segera mendaftarkan diri agar masuk dalam Daftar Pemilih Tetap.

“Silakan tanya langsung ke perangkat pemerintah di lingkup terkecil. Bisa ketua RT atau pihak kelurahan,” tuturnya.  

Selain melakukan sosilisasi, KPU saat ini sedang melakukan kunjungan di kabupaten/kota untuk memastikan bantuan operasional yang akan dilakukan ke kabupaten/kota sampai hingga ke kecamatan. KPU Kaltim juga ingin memastikan sosialisasi dilakukan dengan maksimal oleh KPU di kabupaten dan kota lainnya. 

“Saat ini sudah ada beberapa kabupaten/kota yang siap dengan rancangan anggarannya. Namun kami ingin semuanya siap. Saat ini, para komisioner KPU melakukan roadshow untuk memastikan kesiapan itu,” tandasnya. (sab)

Target 77 Persen, Fokus Pemula

Selasa, 22/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.