Senin, 18/12/2017

Mahkota II Tunggu Peresmian

Senin, 18/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Mahkota II Tunggu Peresmian

Senin, 18/12/2017

SAMARINDA - Setelah memakan proses lama, Mahkota II kini semakin bersinar dengan lampu tematik teknologi terbaru dari Philips. Meski begitu, jembatan berumur 14 tahun ini masih dibatasi untuk kendaraan pribadi dan tidak bermuatan tinggi. Hal ini lantaran Komisi Keamanan Jembatan Terowongan dan Jalan (KKJTJ) belum menerbitkan sertifikasi atas uji beban yang sudah dilakukan Januari lalu. 

Belum lama ini konsultan pembangunan Taufik Reynaldi mengungkapkan sertifikasi dari KKJTJ segera dikeluarkan dalam waktu dekat.

“Harusnya sudah ada, namun kemungkinan agak molor karena tugas KKJTJ mereka juga banyak sehingga kami masih menanti sertifikasi keluar, Insha Allah dalam minggu ini kalau tidak ada halangan,” ujar Taufik.

Meski begitu ia menjamin ketahanan Mahkota II sangat aman untuk dilintasi. Sebab hal ini telah terbukti dalam uji beban yang telah dilakukan KKJTJ lalu.

“Waktu awal tahun itu kan sudah diuji ketahanannya dengan 22 truk bermuatan 30 ton. Bahkan sudah dites juga secara bersamaan dan hasilnya aman saja. Kalau mau awet, harus melakukan perawatan paling tidak disesuaikan dengan kondisi,” tegasnya.

Lanjutan nya, untuk perawatan setelah setahun bisa memakan anggaran Rp 1 miliar. 

Belum lama ini lanjutnya, Pemkot Samarinda juga memasang sensor kabel serta lampu jalan untuk menambah keamanan jalan.

“Apalagi sekarang sudah ada sensor kabelnya, jadi bisa diketahui seberapa kuat getaran dalam setiap lintasan jembatan. Seharusnya jembatan bisa dilintasi dengan kendaraan besar setelah sertifikasi KKJTJ diterbitkan. Namun kabar terakhir kalau lintasan semua dibuka untuk kendaraan manapun justru memperparah keadaan di Pasar Sungai Dama. Makanya kita juga masih menunggu jalan tembusan yang tembus menuju Gerilya,” imbuhnya.

Terpisah Kepala Dinas Perhubungan Ismansyah menekankan petugas nya selalu berjaga dari kedua ujung jembatan untuk memastikan kendaraan yang melintas benar-benar sesuai aturan.

“Apalagi ini dibuka 24 jam, makanya personil Dishub selalu kita kerahkan untuk menjaga pos secara bergantian,” singkat Isman. (ms)

Mahkota II Tunggu Peresmian

Senin, 18/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.