Jumat, 07/07/2017

Perlu Rp70 Miliar, Tuntaskan Pembebasan Lahan

Jumat, 07/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Perlu Rp70 Miliar, Tuntaskan Pembebasan Lahan

Jumat, 07/07/2017

SAMARINDA – Berbagai pembangunan kian hari telah dituntaskan oleh Pemkot Samarinda. Namun hal ini tak sejalan dengan persoalan pembebasan lahan. Saat ini sudah ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang khusus menangani persoalan lahan yaitu Dinas Pertanahan dibawah Syamsul Komari.

“Tahun ini upaya pembebasan lahan telah kami lakukan, khususnya di tiga segmen yaitu flyover, akses TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sambutan dan juga akses Mahkota II dari Jalan Sultan Sulaiman menembus Mugirejo. Namun untuk tahun ini kami akan fokuskan untuk Mahkota II sebab pemilik lahan flyover dan Sambutan itu merupakan pihak luar sehingga perlu proses untuk pembayarannya,” kata Syamsul.

Setelah dihitung, nyatanya hingga saat ini Pemkot Samarinda masih memiliki kewajiban untuk melunasi pembebasan lahan warga dengan total Rp70 miliar untuk tiga segmen tersebut.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Keagrarian Yusdiansyah merincikan pihaknya sama sekali tidak terkendala terhadap masyarakat juga nilai jual tanahnya.

“Namun yang perlu digaris bawahi selama ini kami tinggal menanti kesediaan anggaran dari APBD, meskipun perlu anggaran yang banyak namun kami akan membayarnya secara bertahap sesuai dengan nilai yang telah dihitung oleh tim apprasial (penilaian),” kata Yusdi.

Ia pun meyakini nilai pembayaran terhadap lahan warga nilainya tidak akan berubah dan telah terkunci sejak lama.

“Khususnya dari akses lahan mahkota II, sejak awal tim penilaian masuk harga akan terkunci dengan total Rp 59 miliar dan tahun ini akan kita cicil Rp2,4 miliar dahulu,” sebutnya.

Sedangkan pembebasan untuk dua segmen yaitu flyover dan TPA Sambutan juga sambil berjalan dan menanti pemilik lahan yang berasal dari luar kota. (ms)


Perlu Rp70 Miliar, Tuntaskan Pembebasan Lahan

Jumat, 07/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.