Kamis, 27/07/2017

DLH Samarinda Bersama RT Komitmen Bersihkan Sungai

Kamis, 27/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

DLH Samarinda Bersama RT Komitmen Bersihkan Sungai

Kamis, 27/07/2017

SAMARINDA -  Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda bersama puluhan ketua RT yang wilayahnya berada di sepanjang bantaran Sungai Karang Mumus melakukan penandatanganan komitmen untuk menjaga dan membersihkan sungai tersebut.

“Penandatanganan ini bukan merupakan kewajiban, tapi lebih pada gerakan moral untuk bersama-sama merawat, menjaga dan membersihkan SKM (Sungai Karang Mumus) agar tidak terus dipenuhi sampah,” ujar Pelaksana Tugas Kepala DLH Kota Samarinda Nurrahmani. Penandatanganan komitmen yang difasilitasi LSM Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus (GMSS-SKM) dilakukan di Pangkalan Pungut GMSS-SKM Samarinda.

Menurut Nurrahmani, SKM merupakan sarana vital milik bersama sehingga semua warga harus turut menjaganya. Apalagi, SKM masih dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum Samarinda sebagai sumber air baku untuk produksi air bersih bagi masyarakat.

“Sehingga ketika tingkat pencemaran sungai tersebut tinggi akibat banyaknya warga yang membuang limbah dan sampah, maka operasional PDAM menjadi tinggi untuk menetralisasi, meskipun kualitas air yang didistribusikan ke warga juga tetap menurun,” jelasnya.

“Selama ini masih banyak warga protes tentang air dari PDAM yang bau kaporit, bau obat, warnanya tidak bening, padahal menurunnya kualitas air tersebut akibat ulah warga sendiri yang suka buang limbah ke sungai. Jadi mulai sekarang, mari kita biasakan membuang limbah tidak ke sungai atau ke parit,” ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa parit dan sungai sangat erat kaitannya, karena limbah yang dibuang ke parit baik berupa sampah, oli bekas dan lainnya bisa dipastikan akan mengalir ke sungai sehingga dipastikan menciptakan kerusakan air sungai. (ant)


DLH Samarinda Bersama RT Komitmen Bersihkan Sungai

Kamis, 27/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.