Selasa, 06/06/2017

Smart City Kembali Digalakkan

Selasa, 06/06/2017

ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Smart City Kembali Digalakkan

Selasa, 06/06/2017

logo

ILUSTRASI

SAMARINDA – Merubah wajah kota Tepian sebelumnya pernah menjadi keingin Walikota Syaharie Jaang sejak ia menjabat pada 2010 (lalu), namun tidak terealisasi. Saat ini konsep Smart City kembali digalakkan oleh Pemkot Samarinda dengan memanfaatkan potensi alam Samarinda yaitu Sungai Mahakam yang menjadi sungai terluas di Indonesia setelah Sungai Kapuas.

Untuk saat ini sudah terbentuk Dewan Smart City yang dipimpin oleh Walikota Samarinda, Wakil Walikota Samarinda dan Ketua DPRD kota Samarinda. Dalam Rapat perdana kemarin, Dewan Smart City yang merupakan representasi dari multi stakeholder Kota Samarinda yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), praktisi  atau pakar, akademisi, dan komunitas. Dalam mewujdukan Smart City, Samarinda dapat menjadi Water Front City dengan potensi dari Sungai Mahakam, salah satunya dengan mempertimbangkan konsep hiburan, pariwisata, kesenian dan kuliner.

Hal ini pun disambut baik oleh Jaang. “Ya bagi saya ini salah satu langkah yang bagus, sehingga konsepnya nanti Sungai Mahakam menjadi landmark Kota Samarinda, karena sungai Mahakam mempunyai potensi besar yang bisa diangkat untuk samarinda, ruang publik yang akan disiapkan berupa dermaga diatas sungai Mahakam,” ujar Jaang.

Untuk itu, baginya memang perlu beberapa hal yang harus dipertimbangkan potensi kota yang mengacu pada kearifan lokal. 

Untuk itu kesempatan Samarinda terpilih sebagai 25 kabupaten/kota menuju 100 smartcity dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, perlu dimanfaatkan dengan baik.

“Saya minta tepi sungai di Samarinda Seberang diubah menjadi wisata kuliner dan cat rumahnya dibuat jadi warna warni supaya menarik. Apabila ada orang mau makan di rumah makan yang akan dibangun di tepian Samarinda Seberang, bisa menggunakan kapal tambangan, nanti akan kita atur tarifnya serta keamanannya,” jelasnya. 

Tak hanya itu, ia berpesan agar para OPD lainnya ikut mendung kegiatan ini. 

“Semoga kita bukan hanya membangun dermaga untuk ruang terbuka tapi juga untuk menghidupkan perekonomian masyarakat Samarinda Seberang. Silakan disusun masterplan dan  perencanaannya, agar semua OPD supaya mendukung kegiatan ini yang dikomandani oleh Dinas Komunikasi dan Informatika kota Samarinda sebagi leading sektornya,” demikan Jaang. (ms)


Smart City Kembali Digalakkan

Selasa, 06/06/2017

ILUSTRASI

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.