Senin, 06/11/2017

2018 Utang Mahkota II Dibayarkan Rp 16 M

Senin, 06/11/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

2018 Utang Mahkota II Dibayarkan Rp 16 M

Senin, 06/11/2017

SAMARINDA – Sebagai fasilitas pelengkap, lampu penerangan kini terpasang dan menambah jam lalu lintas Jembatan Mahkota II hingga pukul 10.00 malam. Bahkan akhir tahun ini, Mahkota II yang bakal dinobatkan sebagai Jembatan Achmad Amins ini akan rampung dengan keindahan lampu tematik. Di balik perencanaan megah tersebut, jembatan yang memasuki usia 14 tahun ini masih meninggalkan utang terhadap pekerjanya. Hal ini pun diakui oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Samarinda Asli Nuryadin.

“Sejauh ini belum ada usulan tambahan untuk kelengkapan jembatan, namun kita lebih fokus untuk menuntaskan utang,” tegas Asli.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Samarinda Hero Mardanus.

“Utang memang masih ada sekitar Rp16 miliar. Sudah kami usulkan untuk pembiayaan di APBD 2018,” ujar Hero.

Seperti yang diketahui Mahkota II saat ini telah menelan APBD hingga ratusan miliar. Bahkan pada tahun ini saja pembiayaan jembatan bertambah hingga Rp13 miliar yang digunakan untuk penambahan sensor jembatan, perbaikan aspal dan lampu penerangan jembatan.

Tak sedikit anggaran yang diperlukan untuk memasang lampu yaitu senilai Rp300 juta untuk per satu lampu. 

“Jumlah lampunya ada 60 masing-masing 90 watt. Sedangkan sensornya yang sudah kami pasang ada 12 dan perlu dilihat lagi perkembangannya,” jelasnya.

Sama halnya dengan lampu, sensor jembatan juga telah menelan anggaran hingga Rp 3,5 miliar.

Persoalan sensor, Pemkot Samarinda juga tengah menanti rekomendasi dari Komisi Keamanan Jembatan Terowongan dan Jalan (KKJTJ).

“Nanti akan ada sertifikat dari KKJTJ. Sementara itu, kami memasang 12 sensor dulu, selebihnya menunggu rekomendasi dari KKJTJ kalau memang perlu ditambah ya akan ditambah tapi sementara ini cukup dulu,” tandas Hero. (ms) 


2018 Utang Mahkota II Dibayarkan Rp 16 M

Senin, 06/11/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.