Home >> Balikpapan >> Tahap Awal, DPRD Siapkan Rp25 Miliar

Tahap Awal, DPRD Siapkan Rp25 Miliar

BALIKPAPAN- Tujuh fraksi DPRD kota Balikpapan sepakat mengalokasikan pembangunan gedung DPRD yang baru pada APBD 2017 sebesar Rp25 miliar sebagai dana awal.
Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh mengatakan dana Rp25 miliar itu digunakan untuk tahap pembangunan gedung dewan baru. Nantinya akan ditetapkan dalam proyek multiyears selama tiga tahun pembangunan. “Insya Allah muncul. Rp20-Rp25 miliar sekitar itu. Kan lelangnya multiyears, ya itu dana awalnya untuk pembangunan selama tiga tahun sambil kita cari bantuan ke pusat atau provinsi,” ujarnya.
Dalam pandangan umum fraksi-fraksi, muncul desakan agar pembangunan dapat di mulai tahun 2017 meskipun dengan anggaran awal yang tidak besar.
Menurut Abdulloh, tujuh fraksi DPRD Balikpapan sepakat untuk memulai pembangunan di tahun 2017. Diketahui gedung berlantai delapan itu menelan anggaran Rp250 miliar dengan luasan lahan dua hektare di jalan Jenderal Sudirman atau 100 meter dari gedung lama. “Pembangunan ini akan ada efek positif lainnya. Seperti saya bilang lokasi lama akan jadi ruang publik. Ada ada tempat masyarakat berkumpul, ada kuliner. Ya ruang publik bagi masyarakat keluarga Balikpapan,” tandasnya.
Diketahui APBD 2017 Kota Balikpapan dirancang sebesar Rp1,8 triliun. Pemkot Balikpapan akan memperhatikan usulan DPRD Balikpapan soal pembangunan gedung baru DPRD.
Pada intinya pihak pemkot tidak keberatan sepanjang anggaran tersedia.
Pihaknya akan mencoba melakukan pembahasan anggaran yang mampu mengakomodir program dan kegiatan bersama baik pemkot maupun DPRD. “ Kan siang ini masih bahas. Kalau ada uang kita alokasi ya. Kalau nggak ada dananya bagaimana. Ya nanti sama Pak Wali “ katanya singkat.
Pembangunan gedung menurut prioritas demikian juga dengan kantor pelayanan lainnya seperti camat tengah, dan sejumlah kelurahan. “Itu semua prioritas nanti kalau ada uangnya nggak ada masalah itu dibangun,” tukasnya. (din)