Rabu, 24/10/2018

Destinasi Wisata Baru di Kukar, Panas Bumi masih Perlu diKembangkan

Rabu, 24/10/2018

Kepala DESDM, Selamet Hadiraharjo

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Destinasi Wisata Baru di Kukar, Panas Bumi masih Perlu diKembangkan

Rabu, 24/10/2018

logo

Kepala DESDM, Selamet Hadiraharjo

TENGGARONG - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (DESDM) Kutai Kartanegara mengejar agar potensi inovasi panas bumi bisa dikelola secara baik untuk dijadikan objek wisata baru di Kukar. 

“Sebetulnya untuk potensi panas bumi di Dondang itu kebetulan yang punya lahan itu dulu pernah mengusahakan namun tidak maksimal. Kami dari DESDM di samping kami terus menginventarisasi potensi-potensi lainnya, juga coba mendekati mereka yang punya lahan itu karena selama ini kan dikelola sendiri tanpa ada pendampingan dan ke depan pastinya tidak akan berkontribusi bagi daerah jika dikelola secara sendiri,” kata Kepala DESDM Selamet Hadiraharjo kepada Koran Kaltim. 

Menurut Selamet, selain memaksimalkan dan mendekati warga pemilik lahan di daerah Dondang untuk menentukan maket lokasi yang pas dikembangkan menjadi objek wisata, pihaknya juga terus mencari daerah lain lagi yang potensi panas buminya bisa dikembangkan. 

“Setelah kita lakukan inventarisir kebetulan kita temukan di daerah Tanah Pole dan setelah kami komunikasikan dengan masyarakat, mereka tertarik untuk sama-sama dikembangkan membuat kolam pemandian air panas bumi,” ungkapnya 

Yang sedikit menjadi pekerjaan bersama dari hasil inventarisir temua panas bumi dari DESDM ialah sumber yang ditemukan belum begitu besar, sehingga diperlukan pengeboran lebih lanjut untuk mengetahui sejauh mana kapasitas panas bumi yang bisa dihasilkan.

“Kita ini belum mendapatkan posisi sumber yang besar, kita melihat ada kecil dan kita komunikasi ke yang punya tanah untuk dikembangkan. Kalau di Jawa itu kan memang sumbernya memang besar panas buminya langsung dari Gunung Merapi. Jadi ke depannya itu ada semacam dibor dan mengetahui seberapa sih kapasitasnya,” jelasnya. 

“Rencananya untuk di Dandang itu untuk wisata kolam air panas bumi yang juga bermanfaat untuk terapi kesehatan dan wisata juga. Karena di wilayah sampingnya kita desain maket lokasi untuk seperti waterboom dan menjadi wisata pusat pemandian,” imbuh Selamet. (hei)

Destinasi Wisata Baru di Kukar, Panas Bumi masih Perlu diKembangkan

Rabu, 24/10/2018

Kepala DESDM, Selamet Hadiraharjo

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.