Sabtu, 23/03/2019

Liburan Sendiri? Pelit Jadi Kunci Utama

Sabtu, 23/03/2019

Kawah Putih Ciwidey Paket Wisata Bandung

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Liburan Sendiri? Pelit Jadi Kunci Utama

Sabtu, 23/03/2019

logo

Kawah Putih Ciwidey Paket Wisata Bandung

Ini cerita tentang bagaimana gadis 21 tahun, yang punya riwayat mabuk darat dalam setiap perjalanannya akhirnya memberanikan diri untuk liburan sendirian. Bermula dari menghadiri acara kampus di Universitas Pasundan, Bandung Jawa Barat, akhirnya perjalanan tersebut menjadi perjalanan yang tak pernah terlupakan. Gimana enggak? Ini bener-bener perjalanan pertamaku sebagai Solo Traveler tanpa bantuan apapun selain jejaring sahabat-sahabat diluar kota.


Ini dimulai dari besarnya niatku mendapatkan tiket murah tapi fasilitasnya harus cakep. Biasa, hasrat sombong besar, walau budget kali ini beneran pas-pasan. Akhirnya aku mondari-mandir mencari tiket yang affordable. Usai sibuk mencari promo tiket pesawat murah diberbagai situs perjalanan hingga ke agen travel. Pilihan saya tetap jatuh pada Traveloka.  Bukan mau meragukan situs perjalanan wisata nomor satu tersebut, namun jiwa-jiwa penikmat diskon ini tak sanggup menahan diri untuk mencari harga terbaik. Sayangnya, sudah ngalor-ngidul, yang memang murah ya di Traveloka, (ngotot sih dikasih tahu teman)

Oke cukup sudah urusan transportasi antar pulau ini ya.

Mungkin buat temen-temen yang baru pertama kali travelling sendirian kayak aku, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menulis semua alternatif transportasi yang memungkinkan buat dicoba. Perjalanan yang kuestimasikan selesai dalam waktu 12 hari ini, membutuhkan kurang lebih Rp 1 Juta saja. belum termasuk tiket pesawat dong tentunya.


Stasiun gambir

Jadi kemudian aku membandingkan perjalanan menuju Bandung dari Jakarta. Mana yang lebih murah, naik kereta atau naik bus. Selain murah, efektif efisien juga harus benar-benar kita perhitungkan. Berkat hasil tanya sana-sini dengan banyak orang, aku memutuskan untuk naik kereta dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Bandung. Selain karena waktu yang dibutuhkan jauh lebih singkat, aku juga memanfaatkan kost teman yang lokasinya tidak jauh dari Gambir. Ya! Naik ojek online masih bisa lah.

Sampai di Bandung, aku mengestimasikan untuk menambah jadwalku 2 hari. Karena acara kampus di Universitas Pasundan berlangsung selama 4 hari. Sehingga 2 hariku aku pergunakan dengan sebaik-baiknya. Selama 4 hari, seluruh akomodasiku ditanggung oleh pantitia penyelenggara, sedang sisanya jadi tanggungan pribadiku.

Mungkin tak patut dicontoh, tapi mujarab sebenarnya. Aku memilih penginapan seharga Rp 80 Ribu dengan fasilitas kamar mandi luar serta tanpa AC. Kenapa? Karena Bandung sudah dingin, Sister. Jangan hamburkan uangmu untuk hal-hal seperti penginapan mahal.

Penginapan harus murah semurah-murahnya. Kenapa? Karena aku cenderung menggunakan penginapan untuk sekedar menitipkan barang. Tidur sebatas beberapa jam saja. Tentunya dengan waktu selama 2 hari, aku harus totalitas mengeksplor Bandung.

Lalu bagaimana aku menghabiskan waktu di Bandung? Sebenarnya Bandung bukan tujuan utamaku. Aku menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi utamaku. Sehingga selama di Bandung aku hanya sibuk bersafari dicoffeeshop dengan teman-temanku. Saat malam makin larut, kami biasanya mengemper dijalanan Braga. Syahdu.

Setelah 2 hari di Bandung, aku berkemas menuju stasiun kereta untuk perjalanan menuju Yogyakarta. Masih memanfaatkan aplikasi Traveloka, e-Ticket mendarat di email dengan aman. Tanpa perlu ada potensi ketinggalan tiket.



Mengingat bahwa perjalanan Bandung – Yogyakarta menelan waktu selama kurang lebih 8 jam. Aku memutuskan untuk mengkhianati dompet dengan membeli tiket kelas Bisnis. Dengan baiaya sekutar Rp 200 Ribu aku duduk santai dikursiku. Tuhan member rezeki lebih, bangku sebelahku kosong tak berpenghuni. Sehingga akhirnya aku bisa melurukan kakiku. Terimakasih Tuhan!!

Sampai di Yogyakarta aku memesan taksi online yang mengantarkanku ke kost temanku. Lagi-lagi ini cara paling efektif menekan biaya liburanmu wahai anak muda. Aku tidak perlu mengalokasikan dana berlebih untuk penginapan dan transportasi.

Lalu bagaimana kalau kita tidak punya kenalan disana?

Didunia yang serba canggih ini, segala jenis pilihan penginapan tentunya ada diujung jarimu. Bagaimana agar benar-benar menemukan penawaran terbaik? Jangan malas untuk menulis. Harus rajin membandingkan, dengan menggunakan aplikasi A, hotel X membutuhkan biaya sekian. Lalu dilihat bila menggunakan aplikasi B hotel yang sama butuh biaya berapa?

Untuk melakukan perjalanan yang sifatnya sendirian kayak yang saya lakukan. Mengontrol pengeluarkan tentunya terasa lebih mudah. Ego yang harus kita cukupi hanyalah ego kita sendiri. Kita bisa menentukan mau menginap di penginapan kelas apa, tanpa harus sibuk berunding dengan partner kita.

Jadi suka tak suka, selain penginapan dan akomodais lainnya, rekan liburan kita juga menjadi faktor penentu bagaimana kita menghabiskan uang kita.

Selama berlibur, kita juga jangan terlalu gemar menjadi orang baik. Memikirkan oleh-oleh untuk seluruh keluarga, tetangga hingga satu kecamatan. Selain karena menguras dana liburanmu, juga tentunya menyusahkanmu dalam membawanya kembali keota asalmu.

Prinsip liburan terbaikku adalah pelit terhadap diri sendiri. Memang tak rasional, tapi itu satu-satunya cara agar setelah kembali kekota asal hidup kita tak melarat-melarat banget.

Sebagai seseorang yang hobi Travelling, tujuan selanjutnya adalah negara jepang. Sebagai negara yang memiliki 4 musim, semakin membuat rasa penasaran saya untuk mengexplore negara dengan kemajuan teknologi sangat pesat tersebut. Lagi - lagi paket liburan ke jepang nanti tetap ku percayakan kepada Traveloka.

Salah satu destinasi yang wajib di kunjungi saat ke jepang, adalah Gunung Fuji.



See you!! Have a nice trip, treat your self as it deserve. 


Penulis : Permata S Rahayu

Liburan Sendiri? Pelit Jadi Kunci Utama

Sabtu, 23/03/2019

Kawah Putih Ciwidey Paket Wisata Bandung

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.