Senin, 22/04/2019

Candi Prambanan, Candi Buatan Jin di Sleman, Yogyakarta

Senin, 22/04/2019

candi prambanan

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Candi Prambanan, Candi Buatan Jin di Sleman, Yogyakarta

Senin, 22/04/2019

logo

candi prambanan

Mengunjungi Candi Prambanan mungkin bisa menjadi salah satu kegiatan wisata menyenangkan untuk pecinta sejarah. Candi Prambanan menyimpan banyak hal menarik yang dapat membuat anda tidak ingin melewatkan tempat wisata ini. Berikut ini adalah beragam informasi dan ulasan mengenai Candi Prambanan

 

Asal usul dari Candi Prambanan

Dalam cerita rakyat, Candi Prambanan disebutkan sebagai candi yang pembangunannya dilakukan dengan bantuan jin. Namun, apakah benar? Tentu saja hal tersebut hanya mitos belaka. Candi Prambanan merupakan candi yang dibangun dengan tenaga manusia biasa yaitu oleh Rakai Pikatan. Candi Prambanan adalah candi dengan corak hindu terbesar di Indonesia. Candi ini diperkirakan dibangun di abad 8 hingga abad ke 9. Fungsi dari candi ini ditujukan untuk penyembahan 3 dewa dalam agama hindu yaitu Dewa Brahma, Siwa dan Wisnu.

Selain nama Candi Prambanan, banyak pula orang memanggilnya dengan Candi Roro Jonggrang. Namun, sebenarnya nama asli dari Candi Prambanan adalah Siwagrha atau rumah Siwa. Nama ini dikenal dari prasasti Siwagrha yang ditemukan sebagai literatur dari candi ini. Sesungguhnya candi ini diutamakan untuk menghormati dewa Siwa. Hal ini bisa dilihat dari bangunan candi utama memiliki ruang khusus atau ruang utama yang memiliki ukuran patung Siwa dengan tinggi 3 meter.

 

Kelebihan dari Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu candi yang berlokasi di Yogyakarta. Jadi apabila anda berkunjung ke Yogyakarta, wajib hukumnya untuk anda mengunjungi candi ini. Lokasi tepatnya berada di kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Salah satu candi yang mendunia dan merupakan candi yang dilindungi UNESCO adalah Candi Borobudur. Namun, tahukah anda bahwa Candi Prambanan juga merupakan candi yang termasuk dalam daftar warisan dunia di UNESCO. Hebat sekali bukan?

Candi Prambanan juga tercatat sebagai candi hindu terbesar di Indonesia serta merupakan candi yang disebut paling indah di Asia tenggara. Hal ini disebabkan karena candi ini memang memiliki kompleks candi yang indah dan bangunan arsitektur yang menarik. Berikut berbagai hal menarik lain di sekitar Candi Prambanan yang anda juga bisa dapatkan informasinya di website Traveloka untuk lebih lanjut.

Kompleks bangunan Candi Prambanan

Ketertarikan pengunjung akan Candi Prambanan didatangkan dari kompleks candi yang luas dan sangat indah. Tentu banyak dari pengunjung yang ingin mengetahui candi apa saja yang berada di dalam kompleks Candi Prambanan, berikut ini adalah informasinya

        3 Candi Trimurti.

Candi ini merupakan candi yang paling besar, terdiri dari Candi Siwa, Wisnu dan Brahma.

        3 Candi  Wahana.

Candi ini merupakan bagian kompleks candi yang terdiri dari Candi Nandi, garuda dan angsa.

        2 Candi Apit.

Candi ini ada di barisan Candi Trimurti dan Candi Wahana.

        4 Candi Kelir.

Candi ini ada di 4 mata angin di balik pintu zona inti.

        4 Candi Patok.

Candi ini merupakan candi yang lokasinya ada di tiap bagian sudut zona inti.

        224 Candi Perwara.

Kompleks candi ini merupakan candi yang ada di sekitar candi inti. Candi ini disusun dengan sangat sistematis.

Dilihat dari informasi di atas, total dari candi yang ada di kompleks Candi Prambanan ada sekitar 240 candi. Akan tetapi tidak semua candi masih berdiri hingga saat ini. Masih ada banyak candi yang masih berupa reruntuhan dan menunggu untuk dipugar.

 

Relief dari Candi Prambanan

Candi Prambanan memiliki relief yang tak kalah menarik untuk dilihat. Di bangunan Candi Prambanan anda akan melihat banyak relief yang berisi cerita-cerita yang di inspirasi dari budaya hindu. Beberapa relief ini yang paling populer adalah relief mengenai kisah Ramayana dan juga Krishnayana.  Selain memahami kisah Ramayana dari relief, anda juga dapat menikmati pertunjukannya di dalam pertunjukan Ramayana Ballet.

Candi Prambanan, Candi Buatan Jin di Sleman, Yogyakarta

Senin, 22/04/2019

candi prambanan

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.