Sabtu, 31/08/2019

Sederet Destinasi Wisata di Kukar, Calon Ibu Kota Baru

Sabtu, 31/08/2019

Ladang budaya tenggarong ( Foto: Korankaltimcom)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Sederet Destinasi Wisata di Kukar, Calon Ibu Kota Baru

Sabtu, 31/08/2019

logo

Ladang budaya tenggarong ( Foto: Korankaltimcom)

KORANKALTIM.COM - KABUPATEN Kutai Kartanegara merupakan salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Timur yang dikenal mempunyai tempat wisata menarik dan bersejarah. Pada Senin (26/8), Presiden Joko Widodo telah menetapkan lokasi ibu kota baru yang salah satunya berada di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara. Berikut lima destinasi wisata menarik yang ada di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

 

1. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman adalah salah satu museum yang paling terkenal di pulau Kalimantan. Museum ini memiliki kurang lebih 5.373 koleksi benda bersejarah yang terbagi ke dalam berbagai jenis. Koleksi benda bersejarah itu meliputi patung-patung dan benda bersejarah, perabotan kuno, kamar tidur dengan hiasan kain 'doyo' tenunan tangan serta barang-barang dari dinasti Ming, Qing, dan Yuan.

Di Museum Mulawarman ini pengunjung juga dapat melihat teater boneka Bali yang disumbangkan oleh Sultan Yogyakarta.

Lokasi museum ini berada di Jalan Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Letaknya juga cukup strategis karena dekat dengan Sungai Mahakam. Harga tiket masuk ke Museum Mulawarman yaitu Rp 2.500 untuk orang dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak. 

 

2. Museum Kayu

Adanya buaya yang telah diawetkan jadi daya tarik utamanya. Tak hanya itu, banyak kerajinan yang dipamerkan. Ada juga miniatur rumah, koleksi kayu, koleksi biji-bijian, dan sebagainya. Cocok banget buat kamu yang ingin berwisata edukatif.

Museum ini terletak di Kelurahan Sukarame Tenggarong, tak jauh dari Waduk Panji Sukarame.

 

3. Ladang Budaya

Ladang Budaya atau biasa disebut Ladaya merupakan tempat wisata yang memiliki kebun binatang mini dengan beberapa koleksi binatang khas Kalimantan Timur, di antaranya Burung Enggang, Beruang Madu, Uwa-Uwa serta Burung Merak.

Selain itu, pengunjung dapat berfoto di beberapa spot foto menarik yang sudah disediakan di Ladang Budaya ini.

Ladaya terletak di Jalan H. Bachrin Seman, RT.12, Mangkurawang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Harga tiket masuk yaitu Rp 10.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Tempat wisata ini dibuka setiap hari dari pukul 09.00 sampai 18.00.




4. Pulau Kumala

Pulau Kumala merupakan tempat wisata di Sungai Mahakam yang memanjang hingga ke sebelah barat Kota Tenggarong.

Letak Pulau Kumala yaitu berada di tengah Sungai Mahakam dan bentuknya menyerupai pulau kecil. Pulau ini menyediakan fasilitas umum berupa sky tower yang dibangun setinggi 100 meter untuk memudahkan pengunjung melihat kota dari ketinggian.

Selain itu, di pulau ini juga terdapat kereta api mini, area permainan anak-anak dan kereta gantung.

 

5. Wisata Bukit Biru

Wisata Bukit Biru adalah salah satu tujuan wisata alam yang terkenal di kalangan masyarakat Kutai Kartanegara. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Wisata Bukit Biru adalah sore hari sambil menikmati pemandangan keindahan alam dan sunset.

Lokasi wisata alam ini berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

6. Bukit Bengkirai Samboja

Kutai Kartanegara juga punya hutan wisata yang seru. Inilah Bukit Bangkirai, terletak di kawasan Samboja.

Bukit Bangkirai dikelola oleh PT Inhutani. Di dalamnya terdapat kurang lebih 2.800 jenis flora dan fauna yang didominasi jenis pohon Dipterocarpaceae khususnya Shorea laevis (bangkirai), 3.000 jenis jamur, 13 jenis rotan, 24 jenis anggrek termasuk anggrek hitam, 113 jenis burung dan masih banyak jenis mamalia serta serangga. Cocok untuk berwisata edukasi.

 

7. Batu Dinding

Kalau kamu ingin menikmati indahnya sunrise, harus banget datang ke Batu Dinding. Tentu saja jalan menuju puncaknya tidak mudah.

Kamu harus melewati jalan bebatuan yang menanjak. Saat sampai di puncaknya, semua perjuanganmu tak akan sia-sia karena pemandangannya begitu indah. Lokasinya berada di Kelurahan Karya Merdeka, Kecamatan Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

8. Pantai Tanah Merah

Kalau pengin merasakan sensasi berkemah di pantai, kamu bisa melakukannya di Pantai Tanah Merah. Hamparan pasir putih dengan pepohonan cemara yang rindang menjadi daya tarik utamanya. Fasilitas pantainya sudah cukup lengkap, liburan jadi lebih nyaman deh.

Pantai ini terletak di  Jalan Samboja, Muara Jawa, Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

 

9. Pantai Pengempang

Pantai Pangempang bisa diakses dengan perahu kecil seharga Rp15 ribu per orang. Saat tiba di sini, kamu akan menemui jalan setapak kayu yang dikelilingi hutan bakau. Biasanya pantai ini digunakan untuk berkemah, memancing, atau menyaksikan beragam hewan primata yang unik. 

Pantai ini terletak di Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Kutai Kartanegara yang bisa masuk bucket list liburanmu. Semoga dengan dijadikan sebagai ibu kota, akomodasi jadi lebih mudah dan potensi wisata lain semakin terbuka ya. (*)

Sederet Destinasi Wisata di Kukar, Calon Ibu Kota Baru

Sabtu, 31/08/2019

Ladang budaya tenggarong ( Foto: Korankaltimcom)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.