Rabu, 23/10/2019

Liburan ke Blitar Menggunakan Kereta Api Brantas

Rabu, 23/10/2019

Kereta Api Brantas ( Foto: Wikipedia)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Liburan ke Blitar Menggunakan Kereta Api Brantas

Rabu, 23/10/2019

logo

Kereta Api Brantas ( Foto: Wikipedia)

Bagi kamu yang pernah berlibur ke daerah Jawa Timur dengan menggunakan kereta api, mungkin kamu pernah menaiki kereta api Brantas, atau paling tidak ketika mencari tiket kamu sempat menemukan tiket kereta api Brantas untuk perjalanan dari Jakarta ke Blitar ataupun dari Blitar ke Jakarta. Ini disebabkan kereta api Brantas cukup populer sebagai transportasi darat menuju Blitar. Hal ini, tentunya dikatakan bukan tanpa sebab. Kereta api Brantas adalah salah satu kereta api dengan tujuan ke Blitar yang memiliki harga tiket cukup terjangkau. Sehingga banyak traveler ataupun backpacker yang menggunakan kereta api satu ini, untuk menuju lokasi yang mereka ingin kunjungi.

Harga tiket kereta api Brantas termasuk dalam kategori  yang murah. Ini dikarenakan kereta api Brantas memiliki beberapa kelas yang berbeda. Sehingga kamu bisa memilih kelas sesuai dengan kemampuan kamu membeli tiket. Bagaimana? Tertarik untuk liburan ke Jawa Timur, tepatnya ke Blitar dengan menggunakan kereta api Brantas.

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan kereta api Brantas sebagai transportasi darat untuk menuju ke Blitar, alangkah baiknya kamu mengetahui lebih lanjut mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan kereta api Brantas. Entah itu tentang jenis-jenis kelas dalam kereta, lokasi pemberhentian, titik-titik pemberangkatan, stasiun transit dan beberapa informasi umum lainnya. Nah, untuk mengetahui semua informasi tersebut, mari simak beberapa ulasan mengenai kereta api Brantas, berikut ini.


Kelas Kereta Api

Kereta Api Brantas rata-rata bisa mengangkut, kurang lebih sekitar 3900 penumpang per hari. Jumlah yang cukup banyak bukan? Tentunya, jumlah ini disebabkan kereta api Brantas memiliki banyak gerbong dengan kelas-kelas yang berbeda. Pada umumnya, kereta api Brantas memiliki tiga jenis kelas. Kelas-kelas tersebut, meliputi :

1.     Kelas Eksekutif

Untuk kelas eksekutif kereta Brantas menyusun tempat duduknya dengan sistem 2-2, reclining seat. Selain itu, hanya terdapat 50 tempat duduk saja, untuk kelas ini. 

2.             Kelas Bisnis

Kelas bisnis juga memiliki tempat duduk dengan sistem yang sama dengan kelas eksekutif. Namun, bedanya adalah di kelas bisnis terdapat 64 kursi. 14 kursi lebih banyak dibandingkan kelas eksekutif. Selain itu, terdapat beberapa perbedaan di fasilitas yang ditawarkan.

3.             Kelas Ekonomi

Dibandingkan kelas yang lainnya, kelas ekonomi memang memiliki fasilitas yang paling standar. Namun, jika melihat perbedaan harga tiketnya, ini bukanlah sesuatu masalah yang besar. Apalagi kereta api ini, memiliki beberapa fasilitas yang lebih dari cukup.

Untuk kelas ekonomi terdiri atas 106 tempat duduk. Tempat duduk ini disusun berseling dan berhadap-hadapan dengan kombinasi 2-3. Meskipun terlihat sumpek, namun nyatanya kereta api kelas ini sudah cukup nyaman. Apalagi kelas ekonomi kereta Brantas sudah menggunakan AC.


Lokasi Tujuan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kereta api Brantas adalah kereta dengan tujuan perjalanan dari Jakarta ke Blitar maupun sebaliknya. Namun tahukah kamu jika dulu kereta Brantas bukanlah kereta dengan tujuan Jakarta – Blitar? Kereta Brantas menjadi kereta Jakarta – Blitar, baru mulai pada 1 April 2017. Sedangkan awal beroperasi kereta Brantas melayani keberangkatan menuju ke Kediri.

Sebelum mencapai Blitar, kereta Brantas biasanya singgah di 18 titik transit terlebih dahulu. Memang cukup banyak berhenti. Namun hal ini, tentunya juga mempermudah kamu yang ingin naik kereta dengan harga terjangkau, namun tidak menuju ke Blitar. Siapa tahukan? Apabila kota tujuanmu menjadi tempat transit kereta ini.


Harga Tiket Kereta Api

Dikarenakan memiliki beberapa kelas yang berbeda, harga yang ditawarkan oleh kereta api ini pun, memiliki harga yang berbeda-beda. Tiket kereta Brantas ini biasanya ditawarkan dengan harga antara 84 ribu rupiah sampai dengan 350 ribu rupiah. Tentunya harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Terutama, bila weekday ataupun libur panjang.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan oleh kereta Brantas cukup menarik, bahkan bisa dibilang sangat baik dan tak kalah bila dibandingkan dengan kereta api lain, atau malah lebih unggul. Fasilitas yang tersedia dalam setiap kelas, meliputi :

1.     Katering

2.     Observasi

3.     Bagasi, serta

4.     Fasilitas Pendukung Lainnya ( Seperti halnya, toilet, AC, alat pemadam kebakaran, dan lain sebagainya ).

Itulah beberapa fasilitas yang disediakan oleh kereta Brantas. Sedangkan untuk fasilitas hiburan, sayangnya baru tersedia pada kelas eksekutif. Untuk kelas bisnis dan ekonomi belum tersedia fasilitas tersebut.

Liburan ke Blitar Menggunakan Kereta Api Brantas

Rabu, 23/10/2019

Kereta Api Brantas ( Foto: Wikipedia)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.