Selasa, 05/09/2017

Rizal: Diretas, Biasa Saja

Selasa, 05/09/2017

AKUN Instagram pribadi Rizal Effendi. (Instagram)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Rizal: Diretas, Biasa Saja

Selasa, 05/09/2017

logo

AKUN Instagram pribadi Rizal Effendi. (Instagram)

BALIKPAPAN - Akun priadi media sosial instagram milik Wali Kota Rizal Effendi, diduga diretas, dan bikin heboh warganet. Meski diakui Rizal, namun dia menanggapi dingin dugaan peretasan itu. Terlebih lagi, menjelang suksesi pemilihan Gubernur Kalimantan Timur 2018 mendatang.

“Sudah sering kan? (peretasan media sosial). Bukan sesuatu yang baru, instagram dibajak. Sudah dimana-mana,” kata Rizal, dikonfirmasi kemarin.

Kendati demikian, Rizal belum tahu persis rencana berikutnya, terkait kemungkinan dia melaporkan peretasan akun instagramnya dengan alamat @rz_effendi58 itu, ke kepolisian.

“Nanti kita lihat dulu. Sekarang ini kan pembajak seperti itu sudah biasa. Jadi, ya mudah-mudahan dia masuk kemana lah. Sudah biasa. Apalagi, mau Pilkada diserang gitu biasa aja lah. Santai saja, orang bajak, mungkin jelang Pilkada,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta mengatakan, kasus peretasan akun medsos milik orang nomor satu di Balikpapan itu, masuk dalam delik aduan.

“Sampai saat ini, belum ada laporan. Yang pasti, yang punya kan beliau sendiri sebagai pemilik akun. Beliau (Rizal Effendi) mau melaporkan, ya bisa. Kami siap menerima,” kata Jeffri.

Meski demikian, menurut Jeffri, tim siber juga sudah melakukan monitoring terhadap akun instagram yang diretas itu. “Saya lihat juga di Instagram, akun beliau sudah tidak ada lagi. Langsung dihapus. Ya, siapapun bisa melakukan itu,” sebut Jeffri.

Berkaca kasus dialami Wali Kota, Jeffri mengingatkan kepada masyarakat pengguna media sosial, untuk selalu berhati-hati dan rutin melakukan pemeriksaan akun media sosial.

“Karena media sosial harus hati-hati. Segera klarifikasi agar tidak tersebar, jika pernyataan bukan dilakukan oleh kita sendiri,” imbuhnya.

Diketahui, sebelumnya akun media sosial Instagram resmi milik Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, diretas oleh orang tidak bertanggungjawab pada Minggu (3/9). Dalam akun itu, diisi dengan postingan tidak sepantasnya.

Dari penelusuran Koran Kaltim, pukul 19.30 Wita kemarin, akun tersebut kembali muncul. Riza memiliki sekitar 26.200 pengikut dan 489 unggahan ke akun Instagramnya. (yud/ros)

Rizal: Diretas, Biasa Saja

Selasa, 05/09/2017

AKUN Instagram pribadi Rizal Effendi. (Instagram)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.