Jumat, 16/06/2017

12 Baterai APILL Dicuri, Lalu Lintas jadi Kacau

Jumat, 16/06/2017

PERAWATAN: APILL yang dilakukan Dishub

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

12 Baterai APILL Dicuri, Lalu Lintas jadi Kacau

Jumat, 16/06/2017

logo

PERAWATAN: APILL yang dilakukan Dishub

BALIKPAPAN - Sebanyak 12 baterai Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) seperti Traffic Light milik Dinas Perhubungan Kota Balikpapan hilang dicuri. Diperkirakan, aksi kejahatan itu dilakukan sejak sepekan lalu, sehingga menggangu pengaturan lampu lalu lintas di 12 titik.

Kepala Dishub kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana mengatakan hilangnya baterai APILL diketahui setelah terjadinya pemadaman listrik dan mendapat laporan masyarakat. Baterai ini berfungsi sebagai back up jika terjadi pemadaman listrik.

“Padahal fungsi baterai itu sebagai back up selama 4 jam kalau listrik padam. Sehingga tidak berpengaruh ke APILL yang ada di persimpangan jalan,” kata Sudirman, kemarin.

Kasus pencurian ini rupanya tidak hanya di kota Balikpapan  juga pernah terjadi di kota Samarinda. Baterai APILL ini bentuknya seperti accu. “Sebenarnya baterai itu kalau dicuri juga tidak bisa pelaku manfaatkan. Justru malah mengganggu kerja APILL kita,” tuturnya.

Diketahui harga baterai APILL  dipasaran  antara Rp600 ribu-Rp800 ribu per unit. “Ada 12 baterai yang dicuri di 12 titik,” sebutnya.

Lokasi baterai APILL, menurut Sudirman, memang mudah dijangkau karena ada yang berada di bawah maupun terpasang di tiang. Bahkan pengaman boksnya hanya menggunakan kunci biasa, seperti yang terdapat pada lemari arsip.

“Mau tidak mau kita harus perbaiki dan memperkuat lagi kuncinya. Kasusnya juga sudah kita laporkan ke kepolisian,” kata Sudirman.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Balikpapan AKP Kalfaris Triwijaya Lalo membenarkan laporan Dishub. Saat ini, masih dilakukan pendalaman modus operandi pelaku.

“Saat masih dalam tahap lidik kami, berdasarkan keterangan saksi bahwa pelaku mengambil menggunakan mobil kita masih mencari siapa yang mengambil barang itu,” ungkap Kalfaris. (din/yud)


12 Baterai APILL Dicuri, Lalu Lintas jadi Kacau

Jumat, 16/06/2017

PERAWATAN: APILL yang dilakukan Dishub

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.