Minggu, 30/07/2017

Kurangi Sampah Rumah Tangga dengan Perbanyak TPST

Minggu, 30/07/2017

AKAN DIPERBANYAK: Salah satu TPST yang ada di Tanjung Selor.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kurangi Sampah Rumah Tangga dengan Perbanyak TPST

Minggu, 30/07/2017

logo

AKAN DIPERBANYAK: Salah satu TPST yang ada di Tanjung Selor.

TANJUNG SELOR –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan  berencana memperbanyak Tempat Pengelolahan Sampah Terpadu (TPST) di beberapa wilayah. Hal tersebut dilakukan, sebab TPST yang ada di Bulungan masih tergolong minim. Hingga saat ini tercatat baru ada dua tempat, yaitu TPST di Tanjung Selor dan TPST di Tanjung Palas. 

TPST sendiri, seperti dijelaskan Sumarsono, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bulungan, adalah tempat dilaksanakannya pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendaur ulangan, dan pemrosesan akhir sampah. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008. “Ini dimaksudkan agar pemanfaatan sampah, lebih kreatif dan maksimal,” ungkapnya.

Sumarsono mengatakan, guna mengurangi sampah rumah tangga yang ada di Bulungan, butuh kerjasama seluruh pihak dalam pemanfaatan sampah tersebut. Karena sampah rumah tangga, akan terus mengalami peningkatan, seiring pertumbuhan penduduk.

“Pengangkutan sampah itu kurang efektif dan bisa membuat TPA (tempat pembuangan akhir) sampah cepat penuh. Sehingga perlu pengurangan jumlah sampah rumah tangga yang masuk ke sana. Salah satu caranya dengan pemanfaatan sampah itu. Yaitu melalui TPST,” terangnya kepada Koran Kaltara belum lama ini. 

Lebih lanjut, Ia menelaskan, sejauh ini TPST  yang ada di Pasar Induk Tanjung Selor dan juga di Tanjung Palas sudah berjalan baik. Namun masih belum maksimal dalam mengurangsi sampah yang masuk ke TPA .

“Rencana kami akan memfasilitasi desa atau kecamatan yang mengajukan permohonan pembangunanan TPST di wilayahnya. DLH akan siapkan anggaran pembangunannya. Sementara desa atau kecamatan cukup menyediakan lahan,” kata Sumarsono lagi.

Dia menambahkan, Pemkab Bulungan melalui DLH telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan TPST. Besarannya, setiap satu TPST dialokasikan anggaran Rp 500 juta guna untuk pembanguan dan pengelolaannya.

“Nantinya setelah terbangun yang mengelola masyarakat keseluruhanya. Dan jika ada untung, nanti masyarakat juga yang mengelolanya. DLH  hanya memfasilitasi dan mendampingi, sebagai pembinaan untuk pemanfaatan sampah,” katanya. (son316) 


Kurangi Sampah Rumah Tangga dengan Perbanyak TPST

Minggu, 30/07/2017

AKAN DIPERBANYAK: Salah satu TPST yang ada di Tanjung Selor.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.