Minggu, 01/10/2017

Dies Natalis, Unmul Gelar KAIB X

Minggu, 01/10/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Dies Natalis, Unmul Gelar KAIB X

Minggu, 01/10/2017

SAMARINDA - Sejumlah acara digelar dalam rangka perayaan Dies Natalis ke-55 Universitas Mulawarman (Unmul). Satu diantaranya adalah gelaran event internasional, yakni Konferensi Antarabangsa Islam Borneo (KAIB) X Tahun 2017. Kampus Hijau, sebutan Unmul dipilih sebagai tuan rumah yang diikuti negara serumpun seperti Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Konferensi tahunan ini memasuki tahun kesepuluh sejak dimulakan pertama kali di Sarawak pada 2008 silam. Tahun ini, mengambil tema “Tamadun Islam di Kepulauan Borneo: Impak Terhadap Pengembangan Ummah Wasatiyyah” acara terlaksana selama dua hari, 25-26 September 2017. Sebelum memulai konferensi, para tamu yang telah hadir lebih awal mendapat jamuan makan malam oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Timur di pendopo Lamin Etam, belum lama ini.

Ketua Panitia KAIB X Prof. Dr. H. Rahmat Soeoed, MA mengatakan agenda ini menghadirkan 9 keynote speaker, diikuti 102 presenter, dan 150 partisipan dari Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. “Agenda ini bertujuan untuk menemukan khazanah keislaman yang kelak menjadi poros kekuatan di Borneo. Upaya itu bisa dilakukan dengan riset dan penelitian, karena itu pelaksanaanya harus dari kalangan perguruan tinggi,” ucapnya.

Kalau berbicara peradaban, lanjut Prof. Rahmat itu meliputi pengetahuan, sains dan teknologi. Jadi ini berbicara tentang peradaban Islam. “Dalam sejarah, Islam berkembang di Eropa pada abad ke-7 hingga abad ke-15. Bahkan bisa menguasai Benua Biru kala itu. Berkaca dari hal tersebut, potensi kekuatan Islam di Borneo coba digali. Mulai segi teknologi, sains dan pengetahuan,” imbuhnya.

Ia berharap agar KAIB  menjadi wadah pemersatu jalinan kekuatan perguruan tinggi di Borneo. Karena kegiatan ini digagas oleh cendikiawan muslim yang diharapkan nantinya bisa melahirkan karya-karya agung yang berdampak pada kemaslahatan umat di Borneo dan dunia pada umumnya.

Sementara Rektor Unmul, Prof Dr Masjaya menyampaikan penghargaan kepada semua pihak yang ikut memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan.“Atas nama pimpinan tentu sangat berbahagia dan berterimakasih karena selain berkumpul para pakar yang ahli dibidangnnya, secara khusus perkembangan islam di Borneo. Juga berkaitan dan bertepatan dengan usia lembaga kami, yaitu Unmul yang memasuki usia ke-55 tahun,” tuturnya.

Apresiasi pun ditunjukan oleh Rektor Universiti Teknologi MARA Sarawak Malaysia, Prof. Dato Dr. Jamil Hamali. Ia mengaku bersyukur kegiatan ini telah mencapai gelaran kesepuluh dan telah menjajal seluruh wilayah di Kalimantan. 

“Kali ini kita bekerja sama di Kaltim, terutama Universitas Mulawarman yang kebetulan sedang merayakan Dies Natalis ke-55. Ini wujud kerja sama dengan rekan-rekan universitas seluruh kepulauan Borneo, termasuk universitas di Brunei,” sebutnya. (hms)


Dies Natalis, Unmul Gelar KAIB X

Minggu, 01/10/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.