Rabu, 17/01/2018

Pertama Kalinya dalam 35 Tahun Arab Saudi Putar Film di Bioskop

Rabu, 17/01/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

0

Pertama Kalinya dalam 35 Tahun Arab Saudi Putar Film di Bioskop

Rabu, 17/01/2018

logo

RIYADH - Pada Desember 2017, Arab Saudi mencabut larangan pemutaran film di bioskop yang telah diberlakukan selama 35 tahun.  Pemutaran film pertama yang dibuka untuk umum akan dilakukan pada akhir pekan ini. 

Salah satu pemutarannya adalah film berjudul ‘The Emoji Movie’ dan ‘Captain Underpants: The First Epic Movie’. Pemutaran film tersebut akan dilakukan di bioskop yang berada di Kota Jeddah.

Dilansir dari The Verge, Selasa (16/1/2018), film animasi anak ini mungkin bukan film paling terkenal pada 2017. Namun pemutaran film di bioskop  merupakan langkah signifikan bagi negara tersebut, yang baru-baru ini mencabut pembatasan hiburan lainnya, seperti larangan menggelar konser. Pada pekan lalu juga menandai pertama kalinya perempuan diizinkan menghadiri pertandingan sepak bola di stadion.

Pemutaran Film ‘The Emoji Movie’ adalah bagian dari rangkaian pemutaran film selama seminggu dan berlangsung di pusat kebudayaan yang dikelola negara karena tidak ada bioskop permanen yang dibuka. “Kami mencoba menggunakan film-film ini sebagai titik awal sebagai pengenalan sinema pertama,” kata penyelenggara acara Mamdouh Salim.

Menurut laporan tersebut, Pemerintah Arab Saudi berharap dapat membuka 300 bioskop pada 2030. Bioskop permanen dapat dibuka di negara tersebut pada awal Maret, walaupun tidak ada rencana yang jelas yang diumumkan.

Bioskop sebenarnya pernah buka dan beroperasi di Arab Saudi pada 1970-an. Namun, tekanan keras dari kelompok ultrakonservatif membuat pihak berwenang kerajaan terpaksa menutup semua bioskop di seluruh negeri.

Sekadar diketahui, sejak diangkat menjadi putra mahkota, Mohammed bin Salman membuat kebijakan dan sejumlah perubahan. Hal-hal yang telah lama dilarang kini diperbolehkan seperti larangan bagi wanita untuk mengemudi.  

Selain itu, kini wanita di Arab Saudi juga diperbolehkan menonton sepak bola langsung ke stadion.. (okz)

Pertama Kalinya dalam 35 Tahun Arab Saudi Putar Film di Bioskop

Rabu, 17/01/2018

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.