Senin, 11/09/2017

Undip Anggarkan Dana Riset hingga Rp44 Miliar

Senin, 11/09/2017

YOS JOHAN

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Undip Anggarkan Dana Riset hingga Rp44 Miliar

Senin, 11/09/2017

logo

YOS JOHAN

SEMARANG - Pengalokasian dana riset demi keperluan penelitian memang penting bagi perguruan tinggi dan pengembangan keilmuan. Oleh sebab itu sebuah universitas di Semarang menggelontorkan Rp44 miliar untuk dana riset.

Penganggaran dana riset dalam jumlah besar tersebut dilakukan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang untuk pengembangan keilmuan dan perwujudan visi universitas sebagai research university.

“Dana riset memang kami tingkatkan. Tahun ini mencapai Rp44 miliar, sementara tahun lalu tidak sampai Rp8 miliar,” kata Rektor Undip Prof Yos Johan Utama, baru-baru ini.

Hal tersebut diungkap-kannya di sela upacara pengukuhan dua guru besar Undip, masing-masing dari Fakultas Hukum dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip.

Kedua guru besar Undip yang dikukuhkan itu adalah Prof Eko Soponyono dari FH dan Prof Muslim dari FPIK sehingga saat ini Undip memiliki sebanyak 108 guru besar aktif.

Guru besar FH Undip itu mengakui pentingnya riset dan penelitian untuk memperkuat kajian keilmuan, apalagi visi Undip sebagai research university atau universitas riset. “Sebagai universitas riset, kami harus banyak melakukan riset. Makanya, penelitian terus kami genjot dengan anggaran yang besar,” jelas dia.

Namun, Yos mengingatkan upaya yang dilakukan perguruan tinggi tidak bisa hanya berhenti sebatas penelitian, melainkan harus mampu melakukan hilirisasi atas hasil riset.  “Ya, misalkan riset menghasilkan suatu produk. Produk tersebut tidak boleh hanya berhenti di laboratorium. Namun, harus dihilirisasi, seperti ke dunia industri,” katanya.

Berkaitan dengan itu, kata dia, Undip telah mengucurkan dana sebesar Rp4 miliar khusus untuk hilirisasi produk yang dihasilkan dari riset dan penelitian yang dilakukan.  Ia berharap dengan penambahan anggaran yang besar tersebut mampu membuat mahasiswa dan dosen meningkatkan kualitas dan kuantitas riset dan penelitian.

“Kalau tahun ini (anggaran untuk penelitian) sekitar Rp44 miliar, tahun depan kami targetkan semakin naik. Ya, kalau bisa sampai Rp60 miliar,” tandasnya. (oz)


Undip Anggarkan Dana Riset hingga Rp44 Miliar

Senin, 11/09/2017

YOS JOHAN

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.