Jumat, 15/09/2017

Kualitas Lulusan Polsen Boleh Diadu

Jumat, 15/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kualitas Lulusan Polsen Boleh Diadu

Jumat, 15/09/2017

SENDAWAR -  Politeknik Sendawar (Polsen), Kutai Barat (Kubar) mengklaim sudah mampu menjadi salah satu perguruan tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja bagi perusahaan nasional dan internasional. Sebab, dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada Mei 2017 lalu, Polsen dinyatakan sebagai salah satu Perguruan Tinggi berakreditasi B.

“Polsen sudah hadir selama 12 tahun di dunia pendidikan Kubar. Akreditasi B berarti, kualitas lulusan Polsen mencapai standar nasional, sama seperti Politeknik lainnya. Yang memenuhi standar kebutuhan perusahaan di Indonesia maupun luar negeri,” jelas Direktur Polsen, Deansius ST, Rabu (13/9) di ruang kerjanya.

Dia menyebut banyak hal yang belum diketahui publik tentang Polsen. Bahkan, sebagian besar masyarakat Kubar, meragukan kualitas pendidikan di Polsen. Sehingga dari dua ribu lebih lulusan SMA sederajat tahun ini, hanya 97 orang yang masuk di Polsen untuk Tahun Ajaran 2017/2018.

Saat ini, di Polsen ada sebanyak 320 mahasiswa yang kuliah di semester 1 hingga 5. Sementara kapasitas kelas di Polsen mampu menampung 350 mahasiswa. Deansius menuturkan, minat lulusan SMU/sederajat kuliah di perguruan tinggi satu-satunya di Kubar itu, masih sangat rendah. 

“Belum sampai 5 persen lulusan SMU/sederajat se-Kubar dan Mahulu setiap tahun kuliah disini. Target kami menerima 150 mahasiswa, sesuai kapasitas kelas. Idealnya ada 25 sampai 30 orang per kelas,”  jelas Deansius yang sudah mengabdi di Polsen sejak tahun 2005.

Deansius mengundang para lulusan SMA/sederajat di Kaltim untuk kuliah di Polsen. Dengan kualitas yang tidak perlu diragukan karena kurikulum Polsen sama dengan Politeknik Samarinda bahkan Politeknik lainnya se-Indonesia. Sebab, kurikulum diatur oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Ia menambahkan, Pendidikan Vokasi penting bagi lulusan. Sebab, selain menjadi tenaga kerja siap pakai, juga punya skill atau keterampilan. Begitu lulus, sudah siap untuk bekerja.

“Masyarakat belum menyadari pentingnya lulusan Diploma III, padahal kebanyakan perusahaan mencari adalah lulusan D-3,” pungkas Deansius yang pernah jadi Ketua Jurusan Teknik Sipil, lalu menduduki jabatan Pembantu Direktur III dan Purek I.

Saat ini ada 3 Program Studi yang tersedia di Polsen, yakni Jurusan Mesin Otomotif, Teknik Sipil dan Administrasi Bisnis. Dengan 45 Dosen Tetap dan Tidak Tetap, yang 75 persen di antaranya berlatarbelakang pendidikan S-2. Direncanakan untuk membuka Prodi baru, yakni Akuntansi Manajerial dengan jenjang Diploma IV. (imr)


Kualitas Lulusan Polsen Boleh Diadu

Jumat, 15/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.