Rabu, 15/11/2017

Akhir Bulan, XPress Air Terbang ke Malinau

Rabu, 15/11/2017

AKTIFITAS kegiatan penerbangan pesawat di Bandara RA Bessing Malinau.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Akhir Bulan, XPress Air Terbang ke Malinau

Rabu, 15/11/2017

logo

AKTIFITAS kegiatan penerbangan pesawat di Bandara RA Bessing Malinau.

MALINAU – Sedianya maskapai Penerbangan XPres Air sudah melakukan penerbangan ke Malinau pada awal November lalu.  Namun rencana tersebut belum dapat terlaksana karena masih ada beberapa hal yang belum terselesaikan. 

“Rencana mereka memang awal November ini sudah dapat melakukan penerbangan perdana. Tapi tidak jadi karena masih ada proses yang harus diselesaikan terlebih dulu. Salah satunya yang sangat utama adalah perizinan dari Kementerian Perhubungan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malinau, H Kamran Daik, Rabu (15/11). 

Khusus terkait dengan penerbangan ke Malinau, Kamran memastikan pihak XPress Air telah mengurus proses perizinannya. Dimana permohonan izin dan dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda) telah disampaikan beberapa bulan lalu. “Izin dan dukungan telah diberikan oleh Pemda. Pak Bupati (Yansen TP, Red.) sangat mendukung itu. Setelah mendapat izin dan dukungan maka pihak maskapai melanjutkan proses ke Kementerian Perhubungan,” paparnya. 

Menurut kamran, proses izin penerbangan Xpress telah disampaikan ke Kementerian Perhubungan. “Untuk Malinau sudah beres sejak lama. Nah, informasi terakhir, mereka (Xpress Air,red) akan mulai melakukan penerbangan akhir November atau awal Desember nanti,” terangnya.

Kamran menyampaikan bahwa Maskapai XPres Air akan menerbangkan pesawat jenis ATR 42 yang berkapasitas 42 penumpang. Namun pihak Xpress Air juga akan menyiapkan ATR 32 untuk kebutuhan carter. “Tapi mereka juga akan menyiapkan jenis ATR 32. Ini disedikan untuk memenuhi kebutuhan carteran. Misalnya dari Malinau-Nunukan atau rute lainnya,” ungkapnya. 

Penerbangan ke Malinau ini dipastikan akan melanjutkan jadwal sebelumnya yang digunakan Karlstar. Karlstar sendiri sudah tidak beroperasi lagi sejak beberapa bulan lalu karena maskapai itu tak memenuhi persyaratan. Antara lain, kepemilikan atau ketersediaan 10 armada pesawat. “Salah satunya itu, boleh punya 5 armada dengan 5 lainnya yang disewa. Pesawat Karlstar pun bisa saja digunakan XPres Air, tapi harus berganti maskapai,” imbuhnya.

Selain XPres Air, kata dia,  Wings Air juga berniat untuk terbang ke Malinau dengan pesawat ATR 72. “Dari pihak mereka sudah survai ke sini. Tinggal progres selanjutnya dari mereka. Pemerintah Daerah tinggal menunggu kelanjutan dari pihak Wings Air,” terang H. Kamran Daik. (wh)

Akhir Bulan, XPress Air Terbang ke Malinau

Rabu, 15/11/2017

AKTIFITAS kegiatan penerbangan pesawat di Bandara RA Bessing Malinau.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.