Selasa, 19/12/2017

Survei PolMark: Jokowi Belum Aman

Selasa, 19/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Survei PolMark: Jokowi Belum Aman

Selasa, 19/12/2017

JAKARTA - Berdasarkan hasil survei PolMark Indonesia, elektabilitas Presiden Joko Widodo menduduki peringkat pertama dengan 50,2 persen, kemudian disusul Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan besaran 22 persen. Namun, dari hasil elektabilitas itu, baru 30,5 persen responden yang mantap memilih Jokowi.

PolMark juga menghitung kemantapan responden untuk memilih Jokowi pada Pilpres 2019. Ketika ditanya ‘apakah pilihan responden terhadap calon presiden masih mungkin berubah atau sudah tidak mungkin berubah (mantap), ternyata baru 49,5 persen responden yang menyatakan pilihannya sudah mantap, 33,3 persen masih bisa berubah, dan menjawab tidak tahu atau tidak jawab 17,2 persen.

“Ini mengindikasikan dua hal: Jokowi belum ada dalam zona aman keterpilihan dan pintu bagi kemungkinan munculnya kandidat alternatif masih terbuka,” ujar Direktur Eksekutif PolMark Indonesia Eep Saefullah Fatah. 

Sementara itu, separuh responden beralasan memilih Jokowi sebagai calon presiden karena dinilai bervisi kerakyatan, dekat dengan rakyat dan peduli pada masyarakat. Pada pemilih Prabowo alasan yang sama hanya disebut oleh 13 persen dari 22 persen saja.

Kemudian separuh pemilih Prabowo memilih Prabowo karena dinilai memiliki ketegasan dan kewibawaan dalam memimpin. Alasan yang sama disebutkan oleh 13,7 persen dari 50,2 persen pemilih Jokowi.

“Data ini menegaskan karakterisasi Jokowi vis a vis Prabowo yang sama dengan yang terbangun saat Pilpres 2014. Data ini sekaligus menegaskan bahwa Jokowi akan mendapatkan lawan sangat serius dan menantang jika ada kandidat alternatif yang bisa memiliki kandidat alternatif yang bisa memiliki dua karakter sekaligus merakyat dan pada saat yang sama dinilai tegas dan berwibawa dalam memimpin,” papar CEO PolMark Eep Saefullah.

Survei digelar pada 13-25 November 2017 dengan sampel 2.600 responden yang dipilih secara acak. (dtc)


Survei PolMark: Jokowi Belum Aman

Selasa, 19/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.