Rabu, 01/08/2018

Data Potensi Desa Untuk Kemajuan Daerah

Rabu, 01/08/2018

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Andi Faisal Assegaf

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Data Potensi Desa Untuk Kemajuan Daerah

Rabu, 01/08/2018

logo

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Andi Faisal Assegaf

SAMARINDA - Mendorong kemajuan sebuah desa dibutuhkan berbagai upaya, salah satunya dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh setiap desa. Pemerintah harus jeli melihat berbagai potensi yang dimiliki oleh masing-masing daerah. 

Kendati demikian, kesadaran dari warga terhadap potensi wilayah mereka haruslah dimaksimalkan. Sebab upaya pemerintah mendongkrak sebuah daerah tanpa adanya kesadaran dari warganya sulit untuk berhasil.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kaltim Andi Faisal Assegaf, dalam rangka mendorong kemajuan desa. Menurutnya, potensi bukan hanya yang dimiliki alam seperti wisata alam dan kekayaan alam lainnya saja melainkan yang dapat tumbuh didesa tersebut seperti pertanian dan perkebunan. Selain itu, letak desa yang strategis yakni yang saling menghubungkan dengan desa lain juga perlu ditonjolkan.

Apapun potensi yang dimiliki desa, menurut Andi memerlukan kelayakan infrastruktur bukan hanya jalan tetapi fasiltas umum pendukung lainnya. “Sosialisasi juga tak kalah penting untuk mengenalkan potensi yang dimiliki, salah satunya melalui pameran. Seperti Pameran Expo yang biasa digelar oleh Pemprov Kaltim, maupun pameran yang digelar di daerah luar pulau Kalimantan,” sebutnya.

Ia menambahkan, untuk mendukung hal ini tidak ada salahnya jika pemerintah menggelar kegiatan sosialisasi desa, bisa melalui pameran expo. “Untuk menarik perhatian pengunjung, bisa menambahkan acara-acara hiburan yang sekiranya dapat membidik sasaran. Nantinya sosialisasi potensi desa bisa dikaitkan dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berkembang didesa tersebut,” tutunya. (adv/hms5)

Data Potensi Desa Untuk Kemajuan Daerah

Rabu, 01/08/2018

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Andi Faisal Assegaf

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.