Senin, 09/07/2018

Perkebunan Aren Potensial Dikembangkan di Kukar

Senin, 09/07/2018

Ilustrasi / net

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Perkebunan Aren Potensial Dikembangkan di Kukar

Senin, 09/07/2018

logo

Ilustrasi / net

TENGGARONG – Selain menggenjot peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata dan retribusi, Pemkab Kukar  juga diharapkan bisa menambah pundi-pundi PAD melalui sektor pertanian dalam arti luas.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kukar, Akhmad Taufik Hidayat mengatakan selain sawit, perkebunan yang potensial untuk ditumbuh kembangkan di Kukar ialah aren.

Menurutnya saat ini pemerintah memang sedang konsen mempersiapkan untuk pengembangan tanaman yang memiliki khasiat untuk memproduksi gula ini. “Memang delapan komoditi perkebunan andalan yang ada di Kukar yakni kelapa sawit, karet, kelapa dalam, kopi, kakao, lada, kemiri, dan aren yang meningkat dari luasan area adalah aren. Untuk komoditi yang lain itu sedikit ada stag seperti contoh sawit pada 2016, kondisi ini berbeda dengan aren yang terus meningkat trennya,” katanya kepada Koran Kaltim.

Menurut Taufik meningkatkanya tren positif aren ini khususnya dari luasan area yang meningkat setiap tahun, besar di antaranya dikarenakan di daerah lain aren saat ini sedang menjadi primadona baik dari segi produk yang dihasilkan maupun peningkatan dalam segi pendapatan penduduk setempat.

“Ini dipengaruhi juga karena di daerah lain aren menjadi primadona seperti di daerah Sulawesi Utara, jadi memang potensi aren ini kami dari pemerintah ingin membangkitkan lagi,” ungkapnya.

Menurut Taufik, aren termasuk ke dalam tanaman perkebunan berpotensi besar untuk dikembangkan. Produk utama tanaman aren sebagai hasil dari penyadapan nira bunga jantan dapat dijadikan gula, minuman, cuka dan alkohol. Bagian tanaman aren yang lain dapat dibuat bahan makanan, antara lain kolang kaling dari buah betina yang sudah masak dan tepung aren untuk bahan makanan dalam bentuk kue, roti dan biskuit yang berasal dari pengolahan bagian empelur batang tanaman.

Aren merupakan tanaman serba guna karena hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Aren telah lebih dari 200 tahun dibudidayakan khususnya di Indonesia, untuk dimanfaatkan tepung dan gulanya. Kegunaan lainnya antara lain sebagai bahan baku untuk bermacam-macam kerajinan tangan, peralatan serta perlengkapan rumah tangga, dan untuk penghijauan. Potensi tumbuhan ini juga penting dalam bidang kehutanan dan sebagai sumber bahan baku kayu untuk peralatan dan bangunan. 

Taufik menegaskan untuk di Kukar sendiri daerah yang sudah disiapkan untuk pengembangannya ialah daerah kecamatan hulu tepatnya daerah Kahala dan sekitarnya. “Kalau di sini yang kita kembangkan karena memang potensi ialah daerah hulu yakni Kahala karena memang di sana yang luas areal arennya cukup besar,” tegasnya. (hei)

Perkebunan Aren Potensial Dikembangkan di Kukar

Senin, 09/07/2018

Ilustrasi / net

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.