Jumat, 29/05/2020

Trafik Data XL Naik 25 Persen, Kutai Timur Paling Tinggi

Jumat, 29/05/2020

Petugas memastikan menara selular berfungsi dengan baik, melalui pengecekan rutin (Dok XL Axiata)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Trafik Data XL Naik 25 Persen, Kutai Timur Paling Tinggi

Jumat, 29/05/2020

logo

Petugas memastikan menara selular berfungsi dengan baik, melalui pengecekan rutin (Dok XL Axiata)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Penyedia operator seluler mengalami peningkatan signifikan pada trafic atau lalu lintas penggunaan data internet selama lebaran di tengah Pandemi Covid-19. 

 Salah satu operator seluler PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan di masa perayaan Hari Raya Idulfitri 1441 H, periode 18-26 Mei 2020,    sebesar 25 persen dibandingkan hari-hari normal sebelum masa pandemi Covid-19. 

Pelaksana Tugas (Plt) Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan,  layanan legacy, yaitu SMS dan percakapan, masing-masing mengalami penurunan sebesar 20 persen dan 10 persen dibandingkan hari normal sebelum masa pandemi Covid-19. Kenaikan trafik data yang signifikan juga terjadi di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Barat (Kalbar).

“Pola konsumsi layanan telekomunikasi dan data selama lebaran tahun ini tidak terlepas dari situasi dan kondisi terkait keberadaan pandemi Covid -19 yang memaksa masyarakat Indonesia untuk lebih banyak berada di rumah saja. Apalagi, mudik juga dilarang sehingga juga berpengaruh pada kebiasaan masyarakat dalam mengisi masa liburnya. Misalnya saja kebiasaan mengunggah foto atau video pengalaman berlibur menjadi tidak memungkinkan lagi karena lokasi wisata juga rata-rata tutup. Sebaliknya kini acara silaturahmi juga ‘sungkeman’ diganti dengan cara virtual memakai video call.” ujar I Gede Darmayusa melalui rilis tertulis yang diterima Kamis (28/05/2020) malam.

Pria yang karib disapa Gede menambahkan, pola penggunaan layanan telekomunikasi dan data yang terjadi selama lebaran di tengah wabah Covid-19, sekaligus menunjukkan cara masyarakat menyesuaikan diri dengan kondisi 'new normal'. 

Dalam hal ini, terbukti bahwa teknologi digital menjadi salah satu sarana paling penting dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan solusi atas berbagai persoalan yang terjadi akibat dari adanya Covid-19. Karena itu, tidak mengherankan jika trafik layanan penggunaan data meningkat signifikan untuk berbagai jenis layanan, termasuk yang bersifat hiburan.

Tercatat dalam pusat monitoring XL Axiata, empat jenis layanan data yang mengalami kenaikan trafik paling tinggi selama periode lebaran dibandingkan periode hari normal sebelum pandemi Covid-19. Empat layanan tersebut diantaranya layanan layanan Instant Messaging (IM) 32 persen, layanan video call dan sejenisnya meningkat sebesar 26 persen, Social Network Service 22 persen, dan layanan streaming (game, video, music, movie) 14 persen. 

Penggunaan layanan video call mengalami kenaikan karena masyarakat memanfaatkannya untuk bersilaturahmi, sebagai pengganti tidak bisa mudik atau berkunjung langsung. 

Sementara itu, layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze tidak banyak lagi diakses seperti Lebaran tahun lalu karena saat ini mudik dan perjalanan antar daerah terlarang bagi masyarakat.

Dari sisi lokasi, kenaikan trafik layanan tertinggi secara nasional selama periode lebaran dibandingkan hari normal sebelum masa pandemi Covid-19, berturut-turut terjadi di Jawa Timur naik sebesar 41 persen, Jawa Barat dan Jawa Tengah 32 persen, Sulawesi 31 persen, serta Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah 20 persen. 

Khusus Kaltim dan Kalbar kenaikan trafik data rata-rata sebesar 18 persen. Daerah dengan kenaikan trafik layanan tertinggi di Kalbar yaitu Kabupaten Pontianak 31 persen dan Kabupaten Sambas 31 persen. Sementara itu Kabupaten Kutai Timur naik hingga 60 persen.   Kutim menjadi area yang paling tinggi kenaikan trafik datanya di Kaltim. 

Meningkatnya trafik layanan di daerah-daerah tersebut terjadi karena meningkatnya aktivitas komunikasi masyarakat, selain juga sebagian pelanggan yang sudah melakukan pulang kampung sebelum periode diberlakukannya pelarangan mudik oleh pemerintah.


Penulis : Rusdi

Editor: M. Huldi

Trafik Data XL Naik 25 Persen, Kutai Timur Paling Tinggi

Jumat, 29/05/2020

Petugas memastikan menara selular berfungsi dengan baik, melalui pengecekan rutin (Dok XL Axiata)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.